Sukses

Gernas BBI dan BWI 2022 Dibuka, Ajang Promo UMKM Nasional

Gernas BBI telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sejak 14 Mei 2020 menjadi harapan baru bagi UMKM dan industri kreatif Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mengajak masyarakat mencintai produk buatan lokal dan wisata dalam negeri. Dengan memulai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia Aja (Gernas BBI dan BWI) 2022.

Gelaran BBI dan BWI dibuka di Jambi, pada Rabu 19 Januari 2022. “Saya pikir dengan leadership dari Pak Menko yang luar biasa,saya pikir kita harus tuntaskan yang kita namakan bangga buatan Indonesia. Ini batik luar biasa buatan Indonesia dan saya pikir ini kalau dikampanyekan akan menjadi suatu barang yang berharga,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Rabu (19/1/2022).

Sejalan dengan Gernas BBI, pemerintah juga melakukan kampanye tentang kendaraan listrik. Tujuannya untuk mendorong agar kendaraan listrik ini bisa digunakan secara masif.

Menhub mengaku sangat antusias dalam berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, terkait pembukaan acara Gernas BBI dan BWI di Jambi.

“Sebagai kampanye manajer saya sangat antusias beberapa kali kita koordinasi Menko. Jambi akan memberikan surprise banyak produk-produk yang bisa ditawarkan secara nasional,” ujarnya.

Menurutnya, UMKM menjadi satu fokus pemerintah. Karena 90 persen UMKM merupakan bagian dari pada ekonomi Indonesia.

Dalam pelaksanaan Gernas BBI di Jambi, hari ini ada 1.100 UMKM yang hadir dan diharapkan banyak terjadi transaksi.

“Kita juga harus melakukan suatu kegiatan ini secara bersama, saya pikir putaran kedua makin kompak tahun kedua putaran kedua ini kami Kementerian dibawah Menko menjadi Insya Allah di Jambi memberikan sesuatu yang baik,” ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemda

Kendati demikian, Menhub menegaskan, Pemerintah pusat tidak mungkin melakukan ini sendiri melainkan harus didukung oleh Walikota, Bupati, Gubernur dan sebagainya.

“Marilah kita bersama melakukan Karena tanpa kolaborasi kita tidak mungkin melakukan kegiatan ini,” imbuh Menhub.

Adapun Gernas BBI telah dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sejak 14 Mei 2020 menjadi harapan baru bagi UMKM dan industri kreatif Indonesia, dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi bangsa melalui sinergi dan kolaborasi antara Kementerian dan Lembaga, serta pihak swasta nasional.

Tidak hanya provinsi Jambi, pesona bangsa seperti kriya dan kuliner akan dihadirkan di 12 lokasi berbeda yang tersebar disluruh penjuru nusantara sepanjang tahun 2022.

Kampanye Gernas juga diintegrasikan dengan kampanye gerakan penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Kegiatan Kampanye ini merupakan momentum yang tepat, dimana Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan G20 yang memiliki akses atau fokus agenda penciptaan pembangunan berkelanjutan dan kelestarian lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Pada Januari hingga Maret 2022 penyelenggaraan Gernas BBI akan dirangkai dengan kolaborasi Bangga Berwisata di Indonesia, sebagai langkah adaptif terhadap kondisi new normal dan kegaitannya dikemas secara hybrid dengan menggabungkan format virtual dan fisik dan akses dapat dilakukan dimana pun berada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini