Sukses

PLN Suplai Listrik 550 kVa ke Bengkel Helikopter Apache TNI AD

PLN melakukan penyambungan baru listrik daya Tegangan Menengah daya 555 kilo Volt Ampere (kVA) untuk tempat perawatan Helikopter Apache milik TNI Angkatan Darat.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) melakukan penyambungan baru listrik daya Tegangan Menengah daya 555 kilo Volt Ampere (kVA) untuk Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) di Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Listrik tersebut digunakan untuk tempat perawatan Helikopter Apache milik TNI Angkatan Darat yang rencananya akan mulai dioperasikan pada Maret 2022.

Koordinasi antara PLN dengan Puspenerbad membuat proses penyambungan baru lebih cepat dari Service Level Agreement (SLA) yang ditetapkan. Hanya 14 hari kerja dari 3 bulan SLA, listrik di Puspenerbad sudah siap digunakan untuk kebutuhan perawatan helikopter.

Helikopter Apache memiliki fungsi sebagai helikopter tempur (attack helicopter) berkapasitas 2 penumpang yang dibuat di United State of America (US) dan memiliki standar perawatan khusus, sehingga memerlukan tempat dan supply listrik yang memadai.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan menyampaikan, pihaknya menyambut baik permohonan penyambungan baru listrik dari Puspenerbad untuk tempat perawatan helikopter dalam rangka mendukung pertahanan nasional.

"PLN melakukan komunikasi dan koordinasi yang intens dengan Puspenerbad sehingga proses penyambungan baru listrik bisa cepat dilaksanakan. Apapun kebutuhan listriknya, kami selalu siap," kata Doddy, Selasa (18/1/2022).

Permohonan pasang baru listrik untuk Puspenerbad diajukan oleh Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) Wilayah Area Service Kodam Jaya kepada PLN UID Jakarta Raya UP3 Ciputat. PLN segera melakukan penyambungan baru sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Kami selaku Supervisi Kotama atau Balakpus di Wilayah Area Service Kodam Jaya dan sekitarnya, telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan PLN Ciputat untuk memenuhi kebutuhan listrik di Puspenerbad, yang berada di wilayah kerja Denzibang-3/Jaya," ujar Kasi Fasjasa Zidam Jaya, Mayor Czi T Sugandi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyambungan Baru

Dalam proses penyambungan baru listrik daya tegangan menengah ini, terdapat gardu distribusi listrik baru yang khusus melayani tempat perawatan Heli Apache di Puspenerbad. Setiap jaringan listrik yang terpasang juga sudah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sebagai tanda jaringan listrik memenuhi standar sesuai daya berlangganannya.

"Kami menerima dengan sangat baik pelaksanaan penyambungan listrik 555 kVA untuk Helikopter Apache ini. Tidak ada kendala dan pelayanannya memuaskan," lanjut dia.

Penyambungan baru ditandai dengan energize listrik yang sebelumnya diawali penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL). Daya 555 kVA sudah diperhitungkan cukup untuk perawatan Helikotper Apache.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.