Sukses

Harga Minyak Mentah Dunia Sentuh Posisi Tertinggi 7 Tahun Gara-gara Serangan Houthi

Meningkatnya ancaman dari penurunan lebih lanjut dalam iklim keamanan Timur Tengah telah mendorong harga minyak.

Liputan6.com, Dubai - Harga minyak mentah dunia melambung ke posisi tertinggi dalam 7 tahun. Kondisi ini dipicu memanasnya konflik antara Uni Emirat Arab dengan gerilyawan Houthi usai serangan mematikan di Abu Dhabi pada Senin kemarin, yang menewaskan tiga orang.

Melansir laman CNBC, Selasa (18/1/2022), harga minyak mentah berjangka Brent naik 1,6 persen menjadi USD 87,89 per barel.

Sementara minyak berjangka West Texas Intermediate AS melonjak lebih dari 2 persen mencapai USD 85,56 per barel pada perdagangan di Selasa pagi.

Kedua kontrak minyak mencapai level tertinggi sejak Oktober 2014, setelah sehari sebelumnya perdagangan berjalan normal seiring penutupan pasar di AS untuk hari libur umum.

“Kami mengutuk penargetan milisi Houthi terhadap wilayah dan fasilitas sipil di tanah UEA hari ini,” kata Kementerian Luar Negeri UEA dalam sebuah pernyataan setelah serangan tersebut.

“Kami menegaskan kembali bahwa mereka yang bertanggung jawab atas penargetan yang melanggar hukum di negara kami akan dimintai pertanggungjawaban." 

Analis energi telah mengaitkan pergerakan bullish harga minyak selama beberapa pekan terakhir dengan tanda-tanda pengetatan di pasar dan kekhawatiran terus-menerus dari serangan Rusia ke Ukraina.

Meningkatnya ancaman dari penurunan lebih lanjut dalam iklim keamanan Timur Tengah telah mendorong harga minyak. Bahkan beberapa memprediksi bisa menyentuh posisi ke tiga digit.

Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab atas serangan di UEA, yang menyebabkan kebakaran dan mengakibatkan tiga ledakan kapal tanker minyak di dekat fasilitas penyimpanan perusahaan minyak negara ADNOC.

"Kebakaran dimulai di kawasan industri Musaffah dan di lokasi konstruksi dekat Bandara Internasional Abu Dhabi di ibukota UEA," menurut penjelasan polisi Abu Dhabi di mana, diyakini serangan itu dilakukan oleh pesawat tak berawak.

Seorang warga Pakistan dan dua warga negara India tewas akibat serangan tersebut. Enam orang lainnya terluka dan sedang dirawat karena cedera ringan dan sedang.

ADNOC pada hari Selasa mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Twitter bahwa operasinya tidak terpengaruh oleh kebakaran, dan bahwa mereka mengaktifkan rencana kelangsungan bisnis untuk "memastikan pasokan produk yang andal dan tidak terputus ke pelanggan lokal dan internasionalnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghasil Minyak Terbesar Ketiga Dunia

UEA merupakan anggota OPEC dan menjadi penghasil minyak terbesar ketiga. ADNOC - Perusahaan Minyak Nasional Abu Dhabi - mengendalikan operasi minyak di Abu Dhabi, rumah bagi sebagian besar minyak mentah negara bagian itu. UEA adalah produsen minyak terbesar ketujuh di dunia, memompa lebih dari 4 juta barel per hari.

“Serangan itu adalah pengingat lain dari ancaman rudal dan drone yang sangat kompleks yang dihadapi oleh UEA dan produsen minyak utama lainnya di kawasan itu,” kata Torbjorn Soltvedt, Analis Utama MENA di perusahaan intelijen risiko Verisk Maplecroft.

“Kecuali negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dapat menemukan solusi untuk meredakan ketegangan regional, atau mencegah permusuhan dari aktor negara dan non-negara kawasan, mereka akan tetap rentan terhadap serangan.”

UEA sudah bergerak untuk mengurangi ancaman semacam itu dengan cara logistik, mempercepat rencana untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan minyaknya, “termasuk di fasilitas bawah tanah yang lebih aman,” kata Soltvedt.

"Kerusakan truk bahan bakar dan infrastruktur penyimpanan akan menyedot perhatian pengamat pasar minyak yang juga mengawasi lintasan pembicaraan nuklir yang sedang berlangsung antara AS dan Iran," tambah Soltvedt.

“Dengan para negosiator kehabisan waktu, risiko memburuknya iklim keamanan kawasan meningkat. Selama beberapa minggu mendatang, kami memperkirakan premi risiko minyak Timur Tengah akan menjadi fokus yang lebih tajam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.