Sukses

Jokowi Setujui Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Tambah jadi 100 Ribu Orang

Jumlah penonton ajang MotoGP Mandalika 2022 bertambah menjadi 100 ribu orang dari sebelumnya hanya 60 ribu orang.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, jumlah penonton ajang MotoGP Mandalika 2022 bertambah menjadi 100 ribu orang dari sebelumnya hanya 60 ribu orang.

Penambahan jumlah penonton ini disetujui langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) lantaran tingginya capaian vaksinasi dosis pertama di lokasi penyelenggaraan.

"Terkait dengan tambahan penonton MotoGP, ada permintaan untuk menambahkan jumlah penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu. Nah ini di Bapak Presiden (Jokowi) sudah memebrikan persetujuan," ucapnya dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Minggu (16/1/2022).

Menko Airlangga menyampaikan, capaian dosis vaksinasi tingkat pertama untuk daerah Lombok Tengah sudah 84 persen. Sedangkan untuk vaksinasi lansia mencapai 74 persen.

Bahkan, lanjut Airlangga, capaian vaksinasi dosis pertama di Mataram sudah lebih dari 100 persen. Sementara untuk lansia mencapai 61 persen.

"Ini karena masyarakat yang di luar Mataram juga di vaksin di sana," tutupnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Infrastruktur Pendukung Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau kesiapan infrastruktur jelang kesiapan pelaksanaan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (13/1/2022) hari ini.

RI 1 tampak mengendarai sepeda motor dari Bandara International Lombok (BIL) menyusuri Jalan Bypass menuju sarana hunian pariwisata (Sarhunta) di Desa Sengkol dan finish di Sirkuit Mandalika.

Jokowi ingin memastikan kesiapan penyelenggaraan MotoGP mulai dari layanan kedatangan Bandara Internasional Lombok, konektivitas menuju Sirkuit Mandalika hingga infrastruktur pendukung seperti homestay bagi wisatawan.

"Pertama saya cek proses di bandara berkaitan dengan protokol kesehatan, cek PCR, cek vaksin dan urutannya sudah bagus. Kedua saya cek infrastruktur, utamanya jalan bypass dari airport menuju Mandalika yang berkaitan dengan estetika dan lansekap yang sudah satu minggu ini dikerjakan dan kelihatan perubahannya," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Kamis (13/1/2022).

Jalan Bypass BIL-Mandalika sepanjang 17,3 km telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu.

Penataan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

"Kita harapkan dari airport menuju Sirkuit Mandalika tamu betul-betul dihantarkan dengan keindahan estetika yang baik. Oleh sebab itu perlu disiapkan dan saya minta tadi pada akhir Februari 2022 sudah selesai," ujar Jokowi.

Selanjutnya rombongan Presiden Jokowi menuju sarana hunian pariwisata di Desa Gerupuk dan koridor Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. Keberadaan Sarhunta selain sebagai sarana Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika-Lombok, juga bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang saat perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tetapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi pada masyarakat. Oleh sebab itu pada beberapa desa di Mandalika telah dibangun homestay dan sekarang siap sekitar 300 homestay," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.