Sukses

Layanan Teman Bus di 5 Kota Beroperasi Lagi Mulai Besok

Layanan Buy The Service (BTS) Teman Bus di 5 kota besar diaktifkan kembali mulai besok 16 Januari 2022.

Liputan6.com, Jakarta Layanan Buy The Service (BTS) Teman Bus di 5 kota besar diaktifkan kembali mulai besok 16 Januari 2022. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam konferensi Pers pernyataan Dirjen Hubdat terkait Operasional BTS, Sabtu (15/1/2022).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memberhentikan sementara operasional layanan Teman Bus yang ada di Makassar, Banjarmasin, Kabupaten Banyumas, Surabaya, dan Bandung.

Namun, setelah dilakukan pembenahan. Layanan operasional Teman Bus di 5 kota tersebut bisa beroperasi kembali secara de jure pada hari ini, Sabtu. Tapi. dikarenakan masih terdapat beberapa operator Teman Bus yang masih membutuhkan persiapan, maka operasional diundur besok.

“Setelah saya lihat tampaknya mereka akan menyiapkan diri kembali untuk melaksanakan operasional yang saya minta tadinya hari ini Sabtu, tapi dari pihak operator mintanya Minggu. Besok untuk pelayanan BTS angkutan massal perkotaan di 5 kota besar secara bertahap,” kata Budi.

Ketidaksiapan tersebut terletak pada prasarana Teman Bus seperti, koridornya belum lengkap. Karena adanya keterlambatan pengadaan terhadap sarananya, seperti di Surabaya, Bandung, hingga Banjarmasin.

“Tetapi untuk Makassar 4 koridor dan Banyumas 3 koridor itu sudah lengkap kendaraannya. Jadi secara umum kita para pemenang lelang akan mulai melayani kembali rute-rute yang sudah ditentukan antara kesepakatan dengan Kadishub dan Bupati, Walikota dengan Kemenhub,” jelasnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Buy the Service

Teman Bus merupakan implementasi program Buy the Service dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan yang menggunakan teknologi telematika yang andal dan berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi Anda.

Tujuan utama Teman Bus adalah memberikan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu Teman Bus memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Layanan Teman Bus menggunakan bus sedang yang berkapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk dan Bus Besar yang berkapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk. Serta masing-masing terdapat 1 area untuk prioritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.