Sukses

Begini 5 Tips Berkomunikasi yang Efektif di Tempat Kerja

Bila hubungan baik atau komunikasi yang efektif tidak dipraktikan, itu bisa berpengaruh terhadap kinerja atau bahkan menimbulkan kekacauan di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga komunikasi yang efektif adalah salah satu kunci menjaga hubungan baik antara satu dengan yang lainnya. Salah satunya itu harus diterapkan di tempat kerja.

Bila hubungan baik atau komunikasi yang efektif tidak dipraktikan, itu bisa berpengaruh terhadap kinerja atau bahkan menimbulkan kekacauan di kemudian hari.

Sederhananya, berdiskusi mengenai tujuan hingga membangun hubungan baik itu dapat mendorong keberhasilan sebuah bisnis.

Selain dapat berpengaruh untuk meningkatkan produktivitas karyawan, cara tersebut juga akan menjadi sebuah inspirasi yang dapat diterapkan dalam tim.

Lantas bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dalam sebuah tim di tepat kerja?

Melansir laman Enterpreneur, Sabtu (15/1/2022), berikut ini 5 tips berkomunikasi yang baik dengan tim di tempat kerja.

1. Menggunakan Perangkat yang Tepat

Di era teknologi yang canggih seperti sekarang ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk saling berkomunikasi jika tidak dapat bertemu secara langsung.

Salah satunya bisa melalui email, obrolan grup WhatsApp, rapat Zoom, aplikasi lain, atau bahkan panggilan telepon.

Selain itu, komunikasi tersebut sebaiknya dilakukan melalui perangkat dan platform yang mudah digunakan oleh seluruh tim.

Tidak hanya mudah, bahkan jika perlu platform tersebut menarik dan interaktif sehingga dapat menambah semangat anggota tim sekaligus orang yang terlibat.

Ketika seluruh tim hadir pada tiap pertemuan, pemimpin tim pun akhirnya dapat menyampaikan hal-hal yang mungkin penting tentang bisnis dan perusahaan.

2. Menjelaskan Sesuatu Secara Lebih Spesifik

Karyawan akan sering membuat keputusan yang cepat dan penting selama bekerja. Selain itu, juga akan meminta bantuan bila ada masalah.

Pada saat itulah seorang pemimpin atau anggota dalam tim yang mungkin akan membantu mencari solusi harus mampu menjelaskannya secara lebih spesifik.

Jadi, sebaiknya gunakan kalimat yang mudah dimengerti agar karyawan dapat memahami apa yang disampaikan dan tahu apa yang harus dilakukan.

3. Melibatkan Tim Dalam Pengambilan Keputusan

Tips selanjutnya bila ingin memiliki komunikasi yang baik di tempat kerja adalah membiasakan diri untuk melibatkan tim dalam pengambilan keputusan. Beri ruang untuk anggota tim mengemukakan pendapat dan ide menariknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tunjuk Pemimpin Perwakilan

Mempertahankan komunikasi yang baik secara langsung dengan setiap anggota tim individu di tiap tingkat tidak selalu efektif.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menunjuk salah satu orang untuk menjadi pemimpin dari tiap tingkat tersebut.

Pemimpin perusahaan, misalnya, dapat menunjuk seseorang yang sekiranya orang tersebut mapu mengatasi pekerjaan dengan baik.

Kemudian ajarkan pula bagaimana cara memberikan nasihat dan menginstruksikan anggota tim lainnya saat menyampaikan sesuatu.

5. Menciptakan Hubungan yang Baik di Luar Pekerjaan

Cara yang baik untuk meningkatkan moral dan menjaga hubungan yang kuat adalah dengan melakukan sebuah kegiatan untuk membangun tim tersebut. Hal tersebut juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang dinamis. 

Salah satu caranya bisa membuat hubungan interpersonal di luar pekerjaan. Entah untuk menonton film bersama, pergi bermain di malam hari, atau liburan bersama. Itu juga merupakan upaya untuk memiliki hubungan dan komunikasi yang baik dengan rekan kerja.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.