Sukses

17 Ahli China Bantu Bangun Terowongan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Menko Luhut meminta progres pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan secara hati-hati.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Cepat Indonesia-China, perusahaan patungan yang tengah membangun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mendatangkan langsung 17 orang ahli grouting dari China. Diharapkan dengan adanya ahli dari China ini pembangunan proyek bisa selesai akhir April 2022. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, ahli dari China ini akan membantu ahli dari Indonesia mengembangkan teknologi yang bisa merampungkan 13 terowongan dalam proyek kereta cepat Jakarta Bandung. 

"Saya mendengar, bahwa KCJB mendatangkan orang-orang hebat yaitu para ahli di bidang konstruksi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dimana, mereka nanti akan dibantu oleh 17 ahli grouting dari Tiongkok. Sehingga pekerjaan ini ditargetkan bisa rampung pada akhir April 2022 yang sekaligus menggenapkan 13 terowongan lainnya dengan total panjang keseluruhan 16.662 meter," tulis Luhut dalam akun instagramnya @luhut.pandjaitan, Rabu (12/1/2021).

Menko Luhut meminta progres pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung dilakukan secara hati-hati. Menyusul tantangan geografis yang cukup tinggi, khususnya terkait terowongan.

"Kesulitan pembangunan terowongan ini juga semakin kompleks karena berada di area "clay shale" atau jenis tanah dengan karakteristik yang sangat mudah melapuk apabila terkena air dan terekspose penggalian pada saat konstruksi," terangnya.

Maka dari itu, Menko Luhut meminta pengerjaan mega proyek ini benar-benar dilakukan secara hati-hati dan cermat. Pertimbangan berbagai faktor keselamatan juga perlu diperhatikan secara serius.

"Mengingat pembangunan semacam ini belum pernah dilakukan sepanjang negara ini berdiri," tutupnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Regulasi Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Awal 2022

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mematok aturan mengenai pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat rampung pada awal 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dirinya telah mengerahkan sejumlah tenaga di lapangan untuk mematangkan regulasi soal pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Secara teknis di lapangan kami menyiapkan tenaga-tenaga yang mampu untuk mengelola atau memberikan regulasi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung," ujar Menhub dalam Jumpa pers akhir tahun di kantornya, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menambahkan, regulasi yang tengah digodok meliputi sarana dan prasarana, hingga terkait Sumber Daya Manusia (SDM) selaku operator.

"Khusus untuk kereta cepat saat ini sedang dibahas secara intensif, baik itu sarana prasarana SDM maupun pengoperasian. Jadi mudah-mudah dalam awal tahun ini bisa kita selesaikan regulasi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung," tuturnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.