Sukses

Kementan Beri Penghargaan untuk Daerah Komitmen Terhadap LP2B

Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berkomitmen terhadap Penetapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dengan Dana APBN 2021.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berkomitmen terhadap Penetapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) dengan Dana APBN 2021.

LP2B merupakan hal yang penting dalam rangka mempertahankan swasembada pangan, sehingga perlu dilakukan perlindungan lahan terhadap konversi atau perubahan fungsi lahan pertanian.

Dalam penyampaian penghargaan tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di dampingi oleh Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ali Jamil, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kelapa daerah dan dinas terkait yang berkomitmen terhadap LP2B.

Produksi padi nasional ke depan terancam jika laju alih fungsi lahan pangan khususnya sawah menjadi non sawah tidak dikendalikan, Pertanian bukan hanya masa depan, tapi juga martabat suatu bangsa. Oleh karena itu, kita jaga bersama keberlangsungannya," kata Menteri SYL.

Untuk diketahui, lahan pertanian berkelanjutan diatur dalam UU No 41 tahun 2009 tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan.

Adapun para penerima penghargaan tersebut dibagi beberapa kategori, pertama, Provinsi Terbaik Kategori Pembina Penetapan LP2B di tingkat Kabupaten dengan Dana APBD, yaitu, Provinsi Jawa Tengah diwakili oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabupaten Terbaik

Kedua, Kabupaten Terbaik Kategori Penetapan LP2B dengan Dana APBN 2021. Yaitu ;

1. Kabupaten Purworejo

2. Kabupaten Tegal

3. Kabupaten Madiun

4. Kabupaten Balangan

5. Kabupaten Hulu Sungai Selatan

6. Kabupaten Tulungagung

7. Kabupaten Musi Rawas

8. Kabupaten Gunung Kidul

Ketiga, Kabupaten Berkomitmen Kategori Penetapan LP2B dengan Dana APBD 2021 dan hadir secara virtual adalah 76 Kabupaten dan Dua Provinsi, yaitu Provinsi DI Yogyakarta dan Provinsi Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.