Sukses

Pelatih Puji Bakat Asnawi Mangkualam, Kontraknya di Ansan Greeners Diperpanjang

Asnawi Mangkualam Bahar resmi memperpanjang kontraknya di klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners.

Liputan6.com, Jakarta - Bek kanan Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar resmi memperpanjang kontraknya di klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners. Kontrak baru yang didapat Asnawi berdurasi selama dua tahun.

Setelah dipastikan bertahan di Ansan, Asnawi mengungkapkan ambisi besarnya. Dia ingin membawa klubnya promosi ke kasta teratas Liga Korea Selatan.

Tahun ini, Ansan Greeners akan melakukan yang terbaik untuk bersaing meraih tiket promosi sejak pertama kali didirikan," kata Asnawi, dilansir dari situs resmi Ansan Greeners FC, Jumat (7/1/2022).

Saya ingin menjadi preseden yang baik bagi pemain Indonesia untuk maju ke K-League. Untuk mencapaikan, perlu dilakukan penampilan yang lebih baik di musim 2022," bebernya.

Diketahui bahwa, Asnawi sebelumnya telah bergabung dengan Ansan Greeners sejak 1 Februari 2021.

Mantan pemain PSM Makassar tersebut telah berkontribusi dengan menyumbangkan satu assist dari 15 pertandingan yang dijalaninya disemua kompetisi selama musim 2021.

Performa Asnawi bersama Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 juga cukup meyakinkan Ansan Greeners untuk mempertahankannya.

Pelatih Ansan Greeners, Jo Min-guk pun memuji Asnawi sebagai salah satu pemain berbakat yang bisa berkembang pesat di masa mendatang.

"Ada banyak kelebihan padanya (Asnawi), tetapi saya pikir masih ada banyak area yang harus dikembangkan. Tapi sekarang dia juga masih muda, 22 tahun" ungkap Jo Min-guk.

"Asnawi merupakan sosok pemain yang memiliki segudang potensi untuk berkembang di masa depan. Saya akan menyiapkan tim saat musim dingin sehingga pemain seperti Asnawi dapat menunjukkan kekuatan maksimal," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses yang Tidak Instan

Di balik kesepakatan erpanjangan kontrak tersebut, Ansan Greeners mengungkapkan, proses negoisasi kontrak antara kedua pihak tidak semulus yang dibayangkan, bahkan sempat hampir gagal.

Menurut pengakuan klub tersebut, terdapat beberapa faktor yang membuat pihak klub harus bernegosiasi dan membutuhkan waktu lebih lama, salah satunya adalah performa  Asnawi di musim 2021 bersama Ansan Greeners dan sepak terjangnya saat bertanding untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

"Reaksi dan kinerja yang tidak terduga (oleh Asnawi), membuat negosiasi pembaruan kontrak memakan waktu sedikit lebih lama dan negosiasi hampir gagal. Asnawi menunjukkan performa yang lebih dari yang diharapkan," tulis Ansan Greeners FC di situs resminya.

"Tetapi Kota Ansan adalah tempat yang spesial bagi pemain yang dapat mewakili karakteristik kota dengan keluarga paling multikultural dan kenyamanan hidup terbaik bagi pemain," kata klub tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.