Sukses

Miliarder Ternama Bagikan Rahasia Sukses Kerja Tim buat Generasi Muda

Miliarder ini menjadi terkenal karena filosofinya mampu bekerja secara kolaboratif.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder sekaligus pendiri Bridgewater Associates di Amerika Serikat, Ray Dalio, membagikan rahasia sukses bekerja tim kepada generasi muda. 

Diketahui bahwa Bridgewater Associates yang berbasis di Westport, Connecticut, merupakan pengelola investasi global (hedge fund) terbesar di dunia.

Dalam salah satu episode "Lex Fridman Podcast" pada Desember 2021, Dalio mengatakan bahwa suatu kelompok kerja akan lebih membantu ketika mereka mengetahui kekuatan dan kelemahan satu sama lain, dan bagaimana "bekerja sama dengan baik.”

"Ada sesorang yang memiliki kelebihan di mana itu bisa menjadi kekurangan Anda. Begitu juga sebaliknya, Anda mungkin memiliki kelebihan yang mereka tidak miliki," kata Dalio, dikutip dari laman CNBC, Jumat (7/1/2022).

"(Mengetahui hal ini) adalah cara paling efektif untuk mencapai kesuksesan," ungkapnya.

2020 lalu, Dalio juga sempat mengungkapkan tentang kelemahannya sendiri.

Dalio mengatakan bahwa pernah melalui perjuangan di mana berusaha memberikan feedback dengan baik tanpa cenderung bertele-tele.

"Jika Anda tidak tahu tentang kelemahan Anda, maka tidak bisa menyiasatinya," jelasnya.

Sekarang, kuncinya adalah memastikan orang-orang di sekitar Anda tahu tentang kelemahan Anda — dan kekuatan itu, menurut Dalio.

"Anda dapat menutupi titik lemah satu sama lain dan memberikan ruang untuk saling menguatkan agar bersama-sama berhasil," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Kolaborasi dalam Tim

Saran tersebut sesuai dengan rekam jejak Dalio, sejak ia mengundurkan diri sebagai CEO Bridgewater pada tahun 2011. Miliarder tersebut menjadi terkenal karena filosofinya dalam bekerja secara kolaboratif.

Dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2017, berjudul "Principles," Dalio menulis tentang bagaimana menemukan orang-orang yang mengajukan pertanyaan yang paling bijaksana, dibandingkan dengan berpikir bahwa mereka memiliki semua jawaban.

Dua tahun kemudian, Dalio  memposting grafik 1 + 1 = 3, yang mengartikan bahwa "dua orang yang berkolaborasi dengan baik akan sekitar tiga kali lebih efektif dari mereka yang beroperasi secara independen."

"Masing-masing akan melihat apa yang mungkin dilewatkan oleh yang lain," tulis Dalio di Twitter pada saat itu.

"Ditambah lagi, mereka dapat memanfaatkan kekuatan satu sama lain sambil meminta pertanggungjawaban satu sama lain dengan standar yang lebih tinggi," jelasnya.

2020 lalu, Dalio dan sekelompok psikolog meluncurkan tes kepribadian yang disebut PrinciplesYou, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan seseorang, dan membandingkannya dengan teman-teman mereka yang juga mengikuti kuis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.