Sukses

Erick Thohir Buktikan Sukses Restrukturisasi Krakatau Steel yang Terancam Bangkrut

Sebelumnya, Krakatau Steel sempat disebut terancam bangkrut karena sempat melakukan penghentian produksi pada 14 Desember 2019.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMNRI Erick Thohir mengatakan sukses merestrukturisasi dan transformasi keuangan PT Krakatau Steel Tbk. Terbukti, Krakatau Steel berhasil meraih catatan positif sepanjang 2021.

Keberhasilan Krakatau Steel melakukan transformasi dan restrukturisasi tersebut dilihat dari kinerja keuangan pada bulan November 2021 lalu.

"@krakatau.steel sampai dengan akhir tahun 2021 telah sukses menjalankan restrukturisasi dan transformasi. Transformasi dan restrukturisasi Krakatau Steel akan terus berlanjut untuk peningkatan kinerja yang lebih baik," ungkap Erick Thohir melalui akun Instagram-nya, Rabu (5/1/2022).

Kemudian, pada Desember 2021, Krakatau Steel juga telah membayar kewajiban Tranche B kepada tiga bank milik pemerintah sebesar Rp 2,7 triliun.

“Perseroan berhasil membukukan laba Rp 1,06 triliun. Selain itu perseroan mencatat rekor produksi HRC dan CRC yang membuktikan semakin efisien dan kompetitif,”ungkapnya.

Transformasi digital dengan peluncuran platform KRAS martmarketplace juga disebut memberikan kontribusi terhadap perbaikan kinerja Krakatau Steel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terancam Bangkrut

Selain itu, pembangunan infrastruktur produksi yang diresmikan Presiden Joko Widodo juga turut memberi andil terhadap keberhasilan Krakatau Steel.

“Inisiatif strategis yang berhasil dicapai diantaranya pembangunan pabrik HSM#2 yang diresmikan Presiden @jokowi pada September 2021, peluncuran platform KRAS martmarketplace pada Oktober 2021 sebagai wujud transformasi digital BUMN di era 4.0,”terangnya.

Sebelumnya, Krakatau Steel sempat disebut terancam bangkrut karena sempat melakukan penghentian produksi pada 14 Desember 2019.

Kemudian perusahaan joint venture Krakatau Steel semakin telah berhenti produksi.

Erick Thohir kemudian mengambil langkah penyelamatan dengan menjalin kerjasama dengan Posco untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Kemudian pembenahan sistem dan infrastruktur pun dibenahi. Dengan gebrakan yang dilakukan Mantan Presiden Inter Milan tersebut memberi harapan terselamatkannya KrakatauSteel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.