Sukses

Penasihat Karier Bocorkan 3 Trik Tetap Konsisten Jalani Resolusi di Tahun Baru

Khususnya berkarier, mungkin di tengah jalan ada hal-hal tak terduga terjadi sehingga membuat Anda tidak fokus dengan tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun menjadi momen yang cocok untuk merefleksikan diri. Menilik kembali apa saja yang telah terjadi selama 12 bulan ke belakang kemudian memperbaiki atau melengkapi hal-hal yang belum mampu terwujud untuk ke depannya. Salah satunya dalam berkarier.

Selain itu, awal tahun pun memang merupakan waktu yang tepat untuk merencanakan tujuan, setidaknya selama setahun ke depan.

Akan tetapi, meskipun sudah membuat resolusi sejak awal, konsisten untuk melakukannya adalah hal tersulit. Bisa jadi baru memasuki bulan kedua, Anda sudah tidak fokus atau konsisten lagi untuk melakukannya.

Khususnya berkarier, mungkin di tengah jalan ada hal-hal tak terduga terjadi sehingga membuat Anda tidak fokus dengan tujuan. Pada akhirnya mungkin Anda akan merasa stres dalam menghadapinya.

Atas dasar itu, seorang pelatih karier Susan Peppercorn dan Letisha Bereola memberikan saran terbaiknya ketika Anda ingin konsisten berpegang teguh pada tujuan.

Melansir laman CNBC, Selasa (4/1/2022), berikut ini tips konsisten terhadap resolusi dan tujuan dalam menyambut tahun baru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menetapkan Resolusi

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa tindakan selaras dengan tujuan. Peppercorn menyarankan dua hal yang dapat membantu Anda menetapkan resolusi mana yang paling penting. Poin pertama adalah membuat daftar tujuan. “Tujuan adalah landasan di mana Anda membuat keputusan,” tuturnya.

Selain itu, Anda pun bisa melakukan saran kedua ini. Poin kedua ini terkait dengan visualisasi diri. Jadi, Anda bayangkan diri sendiri untuk satu tahun ke depan. Selanjutnya tanyakan pada diri sendiri apa saja yang akan dilakukan.

Fokus pada tujuan yang lebih kecil

Menurut Peppercorn, salah satu alasan nomor satu seseorang tidak dapat berpegang teguh pada resolusi kerja di tahun baru karena tujuannya terlalu besar.

Oleh sebab itu, lebih baik Anda fokus pada tujuan yang lebih kecil dahulu. Sebab, tujuan kecil tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan yang lebih besar.

“Dengan begitu, resolusinya tampak kurang mengintimidasi dan memberi penghargaan pada diri sendiri karena menyelesaikan tugas-tugas kecil di sepanjang jalan akan membantu Anda tetap termotivasi,” tambahnya.

Misalnya Anda memiliki resolusi tahun baru untuk mencari pekerjaan baru, tiga hal kecil yang bisa Anda lakukan adalah mengedit resume, memperbarui profil LinkedIn, dan mengirim tiga e-mail ke jaringan dengan manajer perekrutan.

Anda harus memprioritaskan satu atau dua hal untuk dikerjakan setiap tiga bulannya. Dengan demikian hal tersebut dapat membantu Anda mencapai tujuan.

Cari Rekan yang Mendukung

Berbagi resolusi di tahun baru bersama teman atau orang tepercaya dapat membantu Anda untuk maju. Bahkan, mereka yang mampu mendukung dengan baik pun bisa membantu Anda tetap fokus.

“Sangat sulit untuk mempertahankan resolusi Anda sendiri, tetapi berbagi kepada teman atau mentor dapat membuat lebih menyenangkan,” kata Bereola.

Mungkin Anda dapat membuat Google Dokumen bersama dengan mereka. Mencoba menuliskan tujuan, tenggat waktu, rencana, dan pemikiran lainnya untuk mewujudkan tujuan di tahun baru.

Sebab pada faktanya, orang yang memiliki rekan yang dapat mendukung dengan baik 65 persen lebih mungkin untuk mencapai tujuan mereka, menurut penelitian dari The American Society of Training and Development.

“Ini tidak memotivasi untuk bekerja pada tujuan Anda sendiri. Jadi, carilah pasangan dan ajak mereka melakukannya,” tambahnya Bereola.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.