Sukses

Resolusi 2022: Ikuti 10 Jurus Atur Duit biar Tak Bangkrut

Banyak orang membuat resolusi 2022 untuk mendorong kehidupannya lebih baik. Salah satunya terkait keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2021 segera berakhir, saatnya membuat resolusi  2022. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan keuangan Anda pada tahun 2022, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, WalletHub menerbitkan daftar 10 resolusi berbasis keuangan awal bulan ini.

Situs web keuangan pribadi tersebut juga membagikan bagaimana seseorang dapat menjaga resolusinya, yang fokus pada penganggaran, tabungan, dan mendapat cara terbaru memegang kartu kredit.

Dikutip dari laman Fox Business, Jumat (31/12/2021) berikut adalah 10 resolusi keuangan untuk tahun 2022 dan bagaimana menaatinya, menurut WalletHub :

1. Buat Anggaran yang Realistis 

Menurut WalletHub, seseorang yang ingin membuat anggaran harus mulai dengan membuat daftar semua pengeluaran mereka dan mengurutkannya berdasarkan kepentingan, seperti keperluan di rumah, makanan, dan perawatan kesehatan harus menjadi prioritas.

Kemudian, Anda harus memangkas pengeluaran yang memiliki prioritas paling rendah hingga pendapatan Anda melebihi pengeluaran Anda.

Lacak pengeluaran bulanan Anda guna memastikan bahwa Anda mengikuti anggaran sepanjang tahun.

2. Bayar Tagihan Tepat Setelah Menerima Gaji 

Dalam mengikuti resolusi ini, pastikan untuk membayar tagihan Anda setelah menerima gaji, alih-alih membuat tagihan baru. 

3. Sisihkan Gaji ke Dana Darurat 

Menyediakan dana darurat "harus menjadi salah satu urutan pertama untuk perubahan pengaturan keuangan apa pun". 

Cara ini akan berguna jika Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan, atau bisnis Anda terhambat secara tidak terduga, juga biaya pengobatan yang harus dikeluarkan secara mendadak.

Salah satu cara terbaik untuk membangun dana darurat adalah dengan "menghabiskannya dari waktu ke waktu," daripada mencoba membuat dana darurat dalam semalam.

Pada akhirnya, tujuannya harus memiliki pendapatan yang dapat dibawa pulang antara 12 dan 18 bulan dalam tabungan darurat Anda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gunakan Kartu Kredit Berbeda untuk Pembelian dan Utang

Baiknya menggunakan kartu kredit yang berbeda untuk kebutuhan keuangan yang berbeda, seperti "menggunakan kartu kredit untuk  keperluan sehari-hari dan kartu APR 0 persen untuk saldo yang akan Anda bawa dari bulan ke bulan."

Menurut situs tersebut, resolusi ini dapat membantu Anda mengurangi utang. 

5. Melunasi 20 Persen dari Utang Kartu Kredit 

Banyak dari resolusi sebelumnya dapat membantu Anda memastikan tidak menanggung terlalu banyak hutang di masa depan, tetapi untuk membantu Anda melunasi hutang yang sudah ada.

Namun di resolusi ke-lima ini, Anda bisa mempertimbangkan membayar 20 persen dari hutang kartu kredit Anda di tahun baru.

6. Pelajari Literasi Keuangan

Meningkatkan literasi keuangan Anda dapat membantu membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

7. Memantau Laporan Kredit

Meskipun Anda harus secara teratur memeriksa laporan kredit Anda, layanan pemantauan kredit gratis juga bisa menjadi pilihan untuk mengetahui bila ada perubahan penting pada laporan kredit Anda.

 

 

3 dari 3 halaman

8. Pastikan Punya Asuransi untuk Situasi Tak Terduga

Di tahun mendatang, baiknya memastikan memiliki cakupan asuransi yang cukup – termasuk asuransi jiwa, asuransi cacat dan asuransi kesehatan – untuk memastikan jaring pengaman dalam kemungkinan skenario terburuk.

9. Fokus pada Kesehatan Fisik, Mengingat Berhubungan Kuat Dengan Kesehatan Finansial

Selain memastikan keuangan Anda teratur, pastikan juga menjaga kesehatan fisik melalui olahraga dan praktik kesehatan lainnya.

Dengan melakukan hal-hal itu, Anda dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan dan membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana - lebih fokus pada jangka panjang.

10. Terbuka pada Peluang

Dalam meningkatkan penghasilan Anda, baiknya untuk terbuka dengan peluang yang mendatangi. 

Selain itu, jika Anda mendapatkan peluang kerja jarak jauh yang baik, dapat "menghemat biaya perjalanan, dan menghindari risiko kesehatan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.