Sukses

82 Investor dari Korea hingga Abu Dhabi Antre Bangun Airport City di Kualanamu

Airport city Bandara Kualanamu ini akan dibangun di atas lahan seluas 135 ha. Airport city ini nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas pendukung.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) berniat untuk membangun airport city di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengembangan ini tidak hanya dilakukan bersama GMR Airports Consortium dari India selaku mitra strategis saja, tapi juga membuka pintu bagi investor asing lain yang berminat.

Direktur Angkasa Pura Aviasi Haris mengatakan, AP II bakal membuka open tender bagi investor asing untuk ikut masuk ke proyek airport city. Pihaknya sudah melakukan market sounding, dan hasilnya banyak investor asing dari berbagai belahan dunia berminat ikut serta.

"Jadi airport city ada beberapa investor luar juga masuk. Ada dari India, dari Korea, dari Abu Dhabi, dari Malaysia, dan mereka sudah menyampaikannya ke kita," kata Haris di Bandara Kualanamu, Kamis (30/12/2021).

"Kemarin itu kita sudah dibantu BKPM untuk melakukan market sounding. Jadi kurang lebih ada sekitar 182 investor baik nasional maupun internasional yang kita melakukan market sounding, kita paparkan profile project kita, kita paparkan potensinya nanti seperti apa," terangnya.

Haris pun bersyukur akan minat yang tinggi tersebut. Saat ini pihaknya sedang melakukan preparation untuk penyiapan dokumen guna membuka open tender.

"Jadi nanti tender ini akan langsung dengan Angkasa Pura II, dan mungkin kita akan dilibatkan menjadi anggota tim untuk proses seleksinya," ujar dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deretan Fasilitas

Secara roadmap, pembangunan kota mandiri berkonsep airport city Bandara Kualanamu ini akan dibangun di atas lahan seluas 135 ha. Airport city ini nantinya akan memiliki sejumlah fasilitas pendukung, seperti taman hiburan, hotel, lapangan golf, hingga rumah sakit khusus.

"Nanti ke depan akan ada beragam property development, seperti ada theme park, golf course, ada hotel, ada specialty hospital. Ini akan kita tempatkan di Bandara Kualanamu," papar Haris.

Diharapkan, kehadiran airport city ini akan jadi daya tarik sendiri untuk orang berdatangan ke Bandara Kualanamu. Tidak hanya sekadar terbang, tapi juga untuk berwisata.

"Harapannya adalah ada sebuah daya tarik tersendiri (airport attractiveness) dimana nanti orang akan datang ke Kualanamu dengan menikmati beragam fasilitas yang kita sediakan. Ini merupakan konsep airport city yang kita siapkan," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.