Sukses

Tengok Karir dan Prestasi Teerasil Dangda, Sang Penyerang Thailand di Piala AFF 2020

Teerasil Dangda merupakan penyerang Thailand yang mencetak hattrick ke gawang Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sosok yang menjadi sorotan adalah Teerasil Dangda, striker andalan timnas Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 melawan Indonesia.

Indonesia berhasil dikalahkan Timnas Thailand 4-0 pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada Rabu (29/12/2021).

Teerasil Dangda mengawali kariernya di dunia sepak bola pada tahun 2003, dengan bermain di tim remaja Assumption College Thonburi pada 2003.

Dua tahun kemudian, Dangda meninggalkan klub lamanya untuk bergabung dengan Air Technical Training School. Di musim yang sama, ia melakukan debut senior dan mencetak tiga gol hanya dalam enam pertandingan.

Kemudian pada tahun 2006, Dangda berpindah klub ke Rajpracha dan bergabung dengan Muangthong United di tahun berikutnya.

Selama bergabung dengan Muangthong United, Teerasil sekali lagi menunjukkan kemampuannya dengan mencetak tujuh gol serta enam assist.

Catatan lain yang menyoroti keahlian Teerasil dalam sepak bola adalah menjadi bagian dari Manchester City.

Sayangnya, Teerasil Dangda tak bisa merumput bersama Manchester City karena masalah izin kerja. Ia kemudian dipinjamkan ke klub Swiss Grasshopper, hingga pada tahun 2008, ia pulang ke tanah airnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikenal Sebagai Pencetak Gol Terbanyak

Tak sampai disitu, Teerasil Dangda juga dikenal sebagai striker dengan pencetak gol terbanyak.

Diketahui bahwa pria kelahiran tahun 1988 itu masih menjadi pemain yang patut diwaspadai di Piala AFF. 

Teerasil memegang predikat sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan Piala AFF dengan torehan 19 gol.

Selain itu, ia juga tercatat sebagai pemain kunci sekaligus aktor penting di balik kesuksesan Thailand melaju ke final Piala AFF 2016.

Dangda, pada laga perdana Grup A Piala AFF 2016, mampu membantu Tim Gajah Perang mengalahkan Indonesia dengan 4-2 lewat hattrick-nya di menit ke-36, 79, dan 90+3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.