Sukses

Cara Mencari Pekerjaan Lewat Fitur Terbaru Kartu Prakerja, Job Search!

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menambahkan Fitur ‘Job Search’ di portal prakerja.go.id.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja menjadi salah satu yang banyak dicari masyarakat. Jutaan pelamar kartu prakerja disaring manajemen di setiap gelombangnya.

Pada dua tahun pelaksanaan, Program Kartu Prakerja telah membuka 22 batch, dengan total penerima lebih dari 11,4 juta orang, dari total email pendaftar yang register di situs mencapai lebih dari 83 juta.

Di ujung tahun 2021, Program Kartu Prakerja memberi kado khusus bagi angkatan kerja di tanah air untuk lebih mudah menemukan pekerjaan yang diimpikan. 

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menambahkan Fitur ‘Job Search’ di portal prakerja.go.id.

Tampilan baru dashboard Prakerja kini menyajikan fitur ‘Job Search’ yang bisa diakses oleh semua pendaftar Program Kartu Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengungkapkan pihaknya terus melakukan inovasi untuk memberikan banyak manfaat kepada angkatan kerja Indonesia.

Tidak hanya untuk mereka yang berhasil diterima sebagai peserta program, tapi juga kepada semua angkatan kerja yang menjadi user situs prakerja.go.id.

“Fitur pencarian pekerjaan dibuat untuk membantu semua pendaftar Kartu Prakerja dalam menemukan pekerjaan sesuai keinginan. Kehadiran fitur ‘Job Search’ ini melengkapi layanan yang sudah ada sebelumnya, yakni fitur ‘Job Recommendation’ dan ‘Trend Recruitment’,” kata Denni, Senin (27/12/2021).

Fitur pencarian pekerjaan ini terwujud berkat kerja sama Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dengan tiga job platform, yakni Jobs.id, karir.com dan topkarir.com

Bagi yang ingin tahu, begini cara menggunakan Fitur Terbaru Kartu Prakerja, Job Search!

  • Pertama, kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id
  • Login ke dashboard, pilih ‘Info Pekerjaan’
  • Lalu ketik judul pekerjaan di kolom pencarian
  • Gunakan filter untuk menyaring pekerjaan yang diinginkan
  • Pilih lokasi di mana peserta prakerja ingin bekerja
  • Pilih pendidikan terakhir
  • Pilih industri pekerjaan sesuai keahlian
  • Pilih perkiraan gaji sesuai keinginan
  • Pilih jenis pekerjaan (full time, paruh waktu, kontrak atau magang).
  • Setelah itu, hasil filter pencarian pekerjaan akan muncul sesuai dengan keinginan peserta Prakerja
  • Klik salah satu lowongan pekerjaan untuk melihat detail informasi pekerjaan tersebut
  • Jika dianggap sesuai kriteria, klik tombol di bagian bawah untuk melamar pekerjaan tersebut di situs job platform.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei BPS Soal Kartu Prakerja

Badan Pusat Statistik telah merilis hasil Sakernas Agustus 2021, yang mengkonfirmasi program Kartu Prakerja semakin diketahui, dipahami dan bermanfaat bagi Angkatan Kerja.

Dimana sebanyak 87,22 persen Penerima yang menyelesaikan pelatihan menganggap program ini meningkatkan keterampilan kerja mereka.

Kemudian 83,33 persen Penerima menggunakan insentif untuk kebutuhan sehari-hari, dan 34,15 persen untuk modal usaha.

Dengan 181 lembaga pelatihan di bawah 7 platform digital, Program Kartu Prakerja menyediakan pelatihan yang beragam untuk peserta yang beragam.

Pelatihan-pelatihan itu antara lain bidang Teknologi Informasi (Excel, Data Science, Python, Agile, Scrum, Cisco, Google Analytics, Java,Product Manager), Penjualan dan Pemasaran (Bisnis Online, Digital Marketing, Property Agent, telemarketing), Gaya Hidup (Tata Rias, Fashion Design, Fotografi, Salon, Tukang jahit),

Kemudian, Manajemen (Bisnis Digital, Manajemen K3, Human Resource, Manajemen Humas), Perkantoran (Sekretaris, Administrasi, MS Office, Customer Service), Makanan dan Minuman (Teknik Pastry, Usaha Kedai Kopi, Food Safety, Pramusaji, Japanese Food), Pertanian (Hidroponik, Beternak Lele, Teknik Vertikultur) dan topik-topik lain (Reporter, Penulis Naskah, Tour Guide).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.