Sukses

Menhub Perintahkan Bandara Juanda Layani Pekerja Migran Layaknya Bandara Soetta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung bandara Juanda di Surabaya, Minggu (26/12/2021).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung bandara Juanda di Surabaya, Minggu (26/12/2021). Dalam kunjungannya, ia meminta bandara Juanda bisa meniru bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Hal ini dalam rangka melayani Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masuk ke Indonesia. Ini menyusul rencana bandara Juanda akan mulai menerima penerbangan internasional dalam waktu dekat.

Ia menyebut, khususnya bagi para PMI, untuk mencegah terjadinya kepadatan penumpang kedatangan internasional di Bandara Soekarno Hatta, yang per harinya mencapai 3.000 sampai 4.000 penumpang.

Menhub Budi menjelaskan, sekitar 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTB. Untuk itu, menurut Menhub, akan lebih baik jika Bandara Juanda dibuka untuk melayani para PMI.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pangdam, Kapolda, Sekda, dan unsur terkait lainnya. Kita akan menyiapkan di Juanda ini seperti apa yang dilakukan di Bandara Soetta," kata dia, Minggu (26/12/2021).

Selain mengecek kesiapan Bandara Juanda, Menhub juga meninjau kesiapan tempat karantina. Ia meminta setidaknya disiapkan 1500 kamar. "Jadi bisa menampung sekitar 100 s.d. 150 orang untuk melakukan karantina 10 hari," kata dia.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Nurcahyanto menyatakan siap mendukung rencana dibukanya Bandara Juanda untuk melayani para PMI dari luar negeri. "Kami dengan didukung oleh pak Kapolda, Gubernur, dan seluruh instansi terkait, siap untuk melaksanakan tugas yang diberikan pemerintah pusat," ucapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Terminal Tipe A Purabaya

Pada kunjungan kerjanya ke Surabaya ini, Menhub juga meninjau Terminal Tipe A Purabaya, untuk memastikan implementasi pengetatan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Namun ia mengingatkan untuk protokol kesehatan secara ketat harus tetap diterapkan.

Menhub mengapresiasi seluruh unsur terkait yang telah menyiapkan pos pelayanan vaksinasi dan tes antigen di Terminal Tipe A Purabaya.

Pada kesempatan yang sama, Kakorlantas Firman Santyabudi menyampaikan pesan kepada masyarakat, agar merencanakan perjalanannya dengan baik, terutama memastikan ketentuan untuk sudah vaksin dosis lengkap dan tes antigen 1x24 jam.

"Terima kasih kepada masyarakat yang memilih merayakan Nataru dengan tidak kemana-mana. Dan untuk yang masih memilih untuk melakukan perjalanan, tetap menjaga prokes ketat dan jangan lengah membuka masker khususnya di titik peristirahatan (rest area)," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.