Sukses

Toko Kelontong SRC Sumbang Rp 63,9 Triliun ke PDB Ritel Nasional

Pada 2020 tercatat toko kelontong SRC menyumbang Rp63,9 triliun atau 4,1 persen terhadap PDB ritel nasional.

Liputan6.com, Jakarta - PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menggelar acara puncak Festival SRC Indonesia (FSI). Festival ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi nasional, sebab pada 2020 tercatat toko kelontong SRC menyumbang Rp63,9 triliun atau 4,1 persen terhadap PDB ritel nasional

Festival SRC Indonesia (FSI) merupakan kegiatan festival belanja pertama dan terbesar di Indonesia yang dilakukan di toko kelontong. Festival ini digelar secara hybrid pada 1-12 Desember 2021 yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur PT SRCIS, Rima Tanago berharap, festival ini dapat membangkitkan ekonomi nasional dan memperkuat ekosistem SRC toko kelontong masa kini yang terus adaptif dan inovatif. Tidak hanya itu, festival ini akan menciptakan sebuah gerakan baru di mana masyarakat dapat berkontribusi sebagai penggerak ekonomi dengan berbelanja di toko kelontong.

"Inisiatif penyelenggaraan Festival SRC Indonesia, diharapkan dapat semakin memperkuat kontribusi untuk negeri. Pemerintah Indonesia sangat optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia positif di 2022 dan kami ingin ke depan menjadi bagian dari upaya tersebut dengan menggerakkan sektor UMKM yang menjadi penopang ekonomi Indonesia," tegas Rima.

Disampaikan Rima, kegiatan ini juga dapat diikuti oleh pelaku usaha lainnya sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Festival ini dipastikan menjadi pemantik semangat dan memberikan banyak keuntungan baik untuk toko kelontong SRC maupun bagi pelanggan baik yang melakukan interaksi secara langsung maupun via aplikasi.

Gelaran festival tahun ini memang lebih besar dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung dalam periode yang lebih lama dengan format yang berbeda. Tahun ini, partisipasi pelanggan maupun pedagang lebih besar sehingga terjadi sebuah gerakan bersama untuk kembali berbelanja ke toko kelontong. Para pedagang toko kelontong SRC dapat mengeksplorasi inovasi demi kemajuan bisnisnya selama 12 hari festival berlangsung.

Puluhan ribu toko antusias dalam memeriahkan festival dengan mengkreasikan toko dan menyiapkan promo-promo yang beragam. Demikian juga untuk ribuan pelanggan yang memanfaatkan berbagai program dan promo tersebut untuk membagikan pengalaman berbelanja mereka di media sosial.

Semakin banyak konsumen yang berbelanja di toko kelontong, makin besar manfaat yang yang diterima oleh pedagang untuk menggenjot omzet toko kelontong mereka, dan pelanggan pun mendapatkan pengalaman berbelanja yang terbaik dan terjangkau.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Banyak Promo

Adapun, berbagai promo dan program yang diberikan pada Festival SRC Indonesia adalah Paket Serbu yakni promo spesial serba Rp12 ribu untuk para pelanggan. Selain itu, pada periode ini pelanggan dapat berbelanja tanpa harus ke toko dengan memanfaatkan fitur Pesan Antar di aplikasi AYO Kelontong. Pelanggan juga berkesempatan mendapatkan Cashback 50 persen dengan pembayaran non-tunai dan mengikuti Tantangan Serbu SRC untuk kesempatan memenangkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Rima mengatakan pihaknya juga terus berkomitmen untuk mendukung terbentuknya ekosistem digital toko kelontong sehingga makin memudahkan transaksi belanja. SRC mengembangkan aplikasi digital yakni AYO Kelontong, AYO SRC, dan Pojok Bayar. Sebanyak 100.000 toko kelontong adalah pengguna aktif aplikasi AYO SRC yang memudahkan pedagang dalam bertransaksi secara digital. Transformasi digital ini berhasil mendongkrak transaksi belanja dan terbukti pada 2020 total nilai transaksi online melalui AYO SRC mencapai Rp9,1 triliun.

Dalam rangka saling mendukung sesama UMKM lainnya, di setiap toko SRC juga tersedia Pojok Lokal untuk memasarkan produk-produk UMKM lokal. Sampai pada 2020, omzet Pojok Lokal mencapai Rp5,7 triliun atau setara dengan 8 persen total omzet toko SRC. Tidak hanya itu, SRC sebagai toko kelontong masa kini terbukti terus memperbarui diri menjadi lebih baik dengan tatanan toko yang lebih rapi, bersih, dan terang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.