Sukses

Daftar Rute Kereta Api Favorit Selama Libur Natal dan Tahun Baru, Mana Saja?

PT KAI memastikan tiket kereta api jarak jauh untuk perjalanan periode Natal dan Tahun Baru masih tersedia.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persreo) atau PT KAI memastikan tiket kereta api jarak jauh untuk perjalanan periode Natal dan Tahun Baru masih tersedia.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus, menyatakan hingga kini pergerakan masyarakat pengguna kereta api masih relatif stabil, belum ada peningkatan yang sangat signifikan.

"Menghadapi masa libur natal dan menjelang tahun baru, tiket kereta masih cukup tersedia untuk dapat dinikmati oleh pelanggan. KAI melihat pelanggan masih mengamati perkembangan kasus Covid-19 sebelum melakukan perjalanan pada musim libur ini," ujar Joni dalam pernyataannya, Jakarta, Jumat (24/12/2021)

Joni menyebut berdasarkan pantauan, tiket yang terjual pada momen libur akhir pekan dan libur natal yaitu 24-26 Desember 2021, mencapai 32.053 pelanggan per hari. Angka tersebut setara 40 persen dari kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan.

Adapun rute KA yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut adalah KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi pp), KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Jayabaya (Pasar Senen - Malang pp), KA Malabar (Bandung - Malang pp), dan lainnya.

"Tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," bebernya.

Pada masa Nataru, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api. Untuk menciptakan physical distancing, KAI juga disiplin menerapkan pembatasan kapasitas tempat duduk yang dijual yaitu hanya sebanyak 80 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, sesuai SE Kemenhub No 112 Tahun 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Penumpang Kereta Api

Pada periode 17-23 Desember 2021 rata-rata KAI melayani 54.333 pelanggan KA Jarak Jauh per hari. Jumlah tersebut meningkat 27 persen dibanding periode November 2021 sebanyak 42.670 pelanggan per hari.

"Berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, puncak keberangkatan pelanggan KA Jarak Jauh terjadi pada 19 Desember 2021 dimana KAI melayani 70.470 pelanggan KA Jarak jauh. Rute yang menjadi favorit pada periode tersebut diantaranya Jakarta - Cirebon pp, Jakarta - Purwokerto pp, Purwokerto - Yogyakarta pp, Bandung - Jakarta pp, dan Madiun - Surabaya pp," ungkapnya.

Joni mengatakan, jumlah tersebut masih di bawah jumlah rata-rata pelanggan KA Jarak Jauh pada masa normal. Pada periode yang sama sebelum pandemi, KAI melayani rata-rata 167.024 pelanggan KA Jarak Jauh per hari.

"Perhatikan kembali syarat-syarat terbaru naik kereta api sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah khususnya pada periode Libur Nataru yaitu 24 Desember - 2 Januari 2021. KAI berharap agar para pelanggan dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan demi menciptakan layanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat," tutup Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.