Sukses

85 Ribu Penumpang Pesawat Diprediksi Lalu Lalang di Bandara Soetta Hari Ini

Pada Kamis, 23 Desember 2021, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta mencapai 99 ribu orang.

Liputan6.com, Tangerang - PT Angkasa Pura II memprediksi 80 sampai 85 ribu penumpang pesawat akan memadati Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Jumat 24 Desember 2021 atau jelang Natal.

"Kami memprediksi untuk puncak Natal 2021 adalah hari ni. Namun, berdasarkan data perencanaan penerbangan yang kami terima, hari ini penumpang masih kisaran 80-85 ribu," ujar Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta M Holik Muardi di kantornya, Jumat (24/12/2021).

Dia merinci jika pada Kamis, 23 Desember 2021, pergerakan penumpang di Bandara Soetta mencapai 99 ribu orang.

Kemudian, pada 19 Desember 2021 tercatat sebanyak 107 ribu penumpang yang melintas di Bandara Soekarno-Hatta.

"Semuanya didominasi penerbangan domestik. Yang menjadi favorit itu ke Bali, Kualanamu, Makasar dan Surabaya," jelas Holik.

Walau belum ada lonjakan signifikan, APII mengaku tetap bersiap untuk mengantisipasi bila ada pergerakan penumpang yang masif.

Misalnya saja berkoordinasi dengan Airnav Indonesia untuk jadwal penerbangan, agar tidak ada kedatangan penerbangan yang bersamaan sehingga menyebabkan penumpukan.

"Namun demikian, kami selaku pengelola bandara tetap akan mengantisipasi dan mitigasi apabila terjadi lonjakan. Kami bersama stakeholder penyesuaian skenario penumpang," kata Holik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aktifkan Terminal 1A dan Terminal 2F

Bandara Soekarno-Hatta kembali mengaktifkan Terminal 1A dan Terminal 2F pada Desember 2021 pada masa Natal dan Tahun Baru 2022.

Terminal 1A diaktifkan untuk melayani penerbangan domestik. Pada tahap awal saat ini Terminal 1A sudah melayani kedatangan sejumlah rute penerbangan domestik dari NAM Air dan Sriwijaya Air.

Sementara untuk keberangkatan rute penerbangan domestik NAM Air dan Sriwijaya Air dilakukan di Terminal 2D. Tahap berikutnya, Terminal 1A akan melayani kedatangan sejumlah rute penerbangan Airfast, Super Air Jet dan AirAsia Indonesia. (Pramita Tristiawati)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.