Sukses

Hebatnya Perjuangan Ibu, Negara Ini Miliki Biaya Melahirkan Termahal

Menengok negara dengan biaya melahirkan termahal.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah, termasuk ketika hendak melahirkan. 

Kita tahu biaya melahirkan sangat bervariasi di seluruh dunia.

Para ibu di beberapa negara di dunia mungkin akan memikirkan biaya melahirkan yang akan mereka tanggung, karena dana yang akan dikeluarkan tidak sedikit. 

Berikut adalah deretan negara dengan biaya melahirkan termahal : 

 1. Jepang 

Dilansir dari laman Parents.com, Jepang adalah negara dengan biaya melahirkan termahal. Para ibu di negeri sakura tersebut harus membayar dana sebesar USD 61.810 (Rp 880,3 juta) untuk melahirkan, menurut temuan para peneliti Coyne College.

Tetapi para peneliti mencatat bahwa Jepang secara luas diakui sebagai salah satu tempat paling aman untuk melahirkan.

"Apa yang saya dan Coyne College temukan selama penelitian dan pengembangan peta interaktif ini adalah bahwa persalinan sangat bervariasi di seluruh dunia, dan ada sejumlah faktor yang meringankan yang memainkan peran besar dalam hal ini," terang Kyle Olson, manajer konten senior, Digital Third Coast, dan pemimpin proyek di peta Cost of Childbirth Coyne College, kepada Parents.com.

"Sementara peta ini dimaksudkan untuk menawarkan gambaran singkat tentang biaya rata-rata melahirkan, ada banyak keadaan yang akan berperan dalam harga yang sangat bervariasi," jelas Olson.

 

2. Amerika Serikat

Dikutip dari laman Forbes, Kamis (23/12/2021) badan International Federation of Health Plans melakukan perbandingan internasional terpisah terkait biaya melahirkan di Amerika Serikat dan negara lain. 

Meskipun jumlah totalnya secara signifikan lebih rendah, biaya melahirkan AS disebut masih jauh lebih tinggi daripada di negara lain.

Temuan International Federation of Health Plans menunjukkan bahwa biaya standar untuk melahirkan di AS adalah USD 11.200 (Rp159,5 juta), yang tercatat pada tahun 2017. Sementara biaya melahirkan dengan operasi caesar dibebankan rata-rata USD 15.000.

Sebagai perbandingan, biaya untuk kelahiran standar dan operasi caesar di Belanda masing-masing hanya rata-rata sebesar USD 3.600 dan USD 5.300 yang disertakan dengan asuransi.

Badan itu juga menyebut, sekitar 700 ibu meninggal setiap tahunnya di AS sementara tingkat kematian bayi juga lebih tinggi daripada negara maju lainnya.

Meskipun beberapa negara bagian AS telah bergerak untuk memperkenalkan langkah-langkah yang menjamin beberapa kebijakan cuti keluarga, situasi di lapangan masih menunjukkan satu dari empat perempuan di sana kembali ke kantor hanya dua minggu setelah melahirkan.

 

3. Hong Kong 

Para peneliti Coyne College mengungkapkan, mahalnya biaya melahirkan di Hong Kong serupa dengan di AS yaitu masing-masing sebesar USD 12.000 (Rp 170,9 juta) dan USD 15.000 (Rp 213,6 juta) untuk persalinan dengan metode operasi caesar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Melahirkan di Inggris dan Australia

4. Swiss

Di Swiss, biaya persalinan mencapai sebesar USD 7,751, dan USD 9,965 untuk operasi caesar. 

 

5. Australia

Di Australia, Anda akan menghabiskan dana sebesar USD 5.312 untuk biaya persalinan normal. 

 

6. Inggris dan Negara Eropa Lainnya

Sementara di Inggris, biaya persalinan juga cukup besar, yaitu USD 4.500. Kemudian Di Jerman dan Prancis, biaya melahirkan lebih rendah dari di Inggris, yaitu sedikit di atas USD2.500.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.