Sukses

10 Miliarder Dunia dengan Cuan Terbanyak di 2021

Siapa saja miliarder dunia tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Kekayaan pesohor dan miliader dunia terus menjadi sorotan. Baru-baru ini, majalah Forbes membeberkan deretan miliarder yang mendapatkan cuan atau kekayaan terbanyak sepanjang 2021.

Dikutip dari laman Forbes, Rabu (22/12/2021), berikut adalah 10 miliarder paling beruntung pada 2021:

1. CEO Tesla dan Pendiri SpaceX, Elon Musk

Orang terkaya di dunia, yakni Elon Musk kini tercatat memiliki kekayaan bersih sebesar USD 65,4 miliar dan meraih keuntungan pada tahun 2021 sebesar USD 109,8 miliar. 

Pada bulan November, miliarder asal Amerika Serikat itu menjadi orang pertama yang memiliki kekayaan bersih senilai USD 300 miliar—meskipun itu tidak bertahan lama.

Saham Tesla juga sempat mundur setelah Musk memposting jajak pendapat di Twitter dan mengatakan dia akan menjual sebagian sahamnya.

2. Pengusaha Ternama India, Gautam Adani

Gautam Adani, dengan kekayaan bersih senilai USD 81,1 miliar dan tahun ini meraih keuntungan hingga sebesar USD 52,5 miliar.

Investor di India tersebut telah mendorong indeks BSE negara itu naik 23 persen.

Perusahaan Adani Group, yang mencakup infrastruktur, komoditas, pembangkit listrik, dan real estat—telah diuntungkan dari serangkaian taruhan yang berani.

Saham Adani Gas yang diperdagangkan secara publik telah melonjak 400 persen tahun ini; perusahaan listrik Adani Transmission naik 330 persen, konglomerat Adani Enterprises, sementara itu, naik 250 persen.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Miliarder Teknologi

3. Miliarder Google, Larry Page

Sebagai salah satu co-founder Google, Larry Page memiliki kekayaan bersih senilai USD 126,3 miliar  meraih keuntungan hingga sebesar USD 49,1 miliar tahun ini.

Saham Alphabet Google telah melonjak 71 persen tahun ini di tengah laporan pendapatan yang kuat dan pembelian kembali saham.

"Saham Google jelas merupakan nama internet yang paling disukai, paling banyak dimiliki, dan paling tidak diperdebatkan," kata analis JPMorgan, Doug Anmuth dalam sebuah laporan kepada klien.

 

4. CEO Oracle, Larry Ellison

CEO Oracle, Larry Ellison tahun ini tercatat memiliki kekayaan bersih senilai USD 135,7 miliar dan meraih keuntungan sebesar USD 47,5 miliar.

Saham Oracle, telah naik 61 persen.

Ellison juga pemegang saham individu terbesar kedua Tesla, setelah membeli 3 juta sahamnya pada 2018, kemungkinan kurang dari USD 1 miliar. 

 

5. Sergey Brin

Pendiri Google lainnya, yakni Sergey Brin tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD121,7 miliar dan keuntungan sebesar USD 46,7 miliar.

Brin, telah menjaga profil yang relatif rendah sejak dia dan Larry Page mundur dari menjalankan bisnis pada tahun 2019, meskipun dia juga tetap berada di kepemimpinan Google Alphabet.

 

 

3 dari 4 halaman

6. Bernard Arnault

Miliarder brand fashion luxury asal Prancis, Bernard Arnault tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 193,9 miliar dan keuntungan sebesar USD 43 miliar.

Taipan brand fashion mewah itu sempat menjadi orang terkaya di dunia awal tahun ini, berkat lonjakan harga saham LVMH.

Arnault saat ini menjadi orang terkaya ketiga di dunia

7. Steve Ballmer

Steve Ballmer tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 107,5 miliar dengan keuntungan sebesar USD 32,3 miliar.

Tim bola basket Los Angeles Clippers miliknya diperkirakan bernilai 20 persen lebih besar daripada tahun lalu, tetapi itu bukan alasan utama Ballmer menjadi begitu kaya.

Saham Microsoft, di mana ia adalah karyawan ke-30 dan menjabat sebagai CEO dari tahun 2000 hingga 2014, naik 57 persen tahun ini karena investor menyambut pertumbuhan pendapatan yang kuat.

8. Zhang Yiming

Pendiri ByteDance di China, yakni Zhang Yiming memiliki kekayaan bersih senilai USD 59,4 miliar dan keuntungan USD 31,7 miliar.

ByteDance, yang ia dirikan pada 2012, telah mengambil alih dunia dengan aplikasi video TikTok, membantunya menjadi pemenang besar di China dalam setahun ketika banyak taipan negara itu mundur dari perusahaan mereka dan kehilangan miliaran kekayaan bersih karena kekhawatiran atas utang real estat.

 

 

4 dari 4 halaman

9. Miliarder Hong Kong, Robin Zeng

Miliader Contemporary Amperex Technology (CATL), Robin Zeng tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD 57,6 miliar dan keuntungan USD 26,8 miliar.

Saham Contemporary Amperex Technology (CATL), salah satu pemasok baterai kendaraan listrik terbesar di dunia, naik 58 persen.

CATL—yang kliennya termasuk BMW, Volkswagen, Geely dan, kabarnya, Tesla—telah berfokus pada industri EV China yang berkembang pesat, dan baru-baru ini mengumumkan rencana untuk mengumpulkan dana sebesar USD 9 miliar untuk memperluas produksi baterai lithium-ion.  

10. Pendiri Microsoft, Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai USD  139,2 miliar dan keuntungan USD 18,9 miliar.

Diketahui bahwa tahun ini bukan tahun yang mudah bagi Gates, menyusul perceraiannya dan menghadapi kritik atas relasiya dengan Jeffrey Epstein.

"Saya tidak dapat menyangkal bahwa ini adalah tahun kesedihan pribadi yang luar biasa bagi saya," tulis Gates baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.