Sukses

Penyelundupan Barang Kena Cukai Melonjak selama Pandemi, Ini Penyebabnya

Para penyelundupan menduga saat pandemi aparat Bea Cukai lebih banyak bekerja di rumah atau menerapkan work from home (WFH).

Liputan6.com, Jakarta - Telah terjadi peningkatan angka penyeludupan yang sangat signifikan terhadap sejumlah barang kena cukai dalam dua tahun terakhir. Para pelaku penyelundupan memanfaatkan momentum pandemi Covid-19 untuk mencari untung.

"Dua tahun ini kami amati intensitasnya ada kecenderungan naik," kata Direktur Jenderal (Drijen) Bea Cukai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani, di Tempat Penimbunan Pabeanan Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (22/12/2021).

Para penyelundupan menduga saat pandemi aparat Bea Cukai lebih banyak bekerja di rumah atau menerapkan work from home (WFH). Kenyataannya dugaan tersebut salah. Pegawai Bea Cukai tetapbekerja di lapangan meski pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan.

"Kami tidak WFH, makanya temuan cukup banyak," kata Askolani.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemusnahan Barang

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu memusnahkan barang bukti ilegal dengan nilai Rp 15,62 miliar. Barang-barang tersebut antara lain rokok ilegal, minuman mengandung etil alkohol (MMEA) impor ilegal.

Selain itu juga pakaian bekas, celana pria bekas, hasil pengolahan tembakau lainnya (HPTL) ilegal, pita cukai palsu, dan tekstil.

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten, Reda Manthovani mengatakan pemusnahan barang ilegal tersebut merupakan wujud dari sinergi dari aparat penegak hukum dan Kementerian Keuangan. Pemusnahan tersebut diharapkan bisa menjadi peringatan bagi masyarakat untuk tidak melakukan penyeludupan barang dari luar negeri.

"Diharapkan ini bisa jadi peringatan. Jangan diulang!," Kata Reda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.