Sukses

Intip Sederet Cara Para Menteri Rayakan Hari Ibu 2021

Sri Mulyani menyambut Hari Ibu 2021 dengan mengenang Kongres Perempuan Indonesia Pertama yang diadakan oleh 600 perempuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia tengah menyambut 22 Desember 2021 sebagai hari ibu. Sejumlah menteri di Tanah Air ikut menyambut hari penuh kasih sayang bagi sosok Ibu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani misalnya. Dia menyambut Hari Ibu 2021 dengan mengenang Kongres Perempuan Indonesia Pertama yang diadakan oleh 600 perempuan Indonesia.

"93 tahun lalu - 22 Desember 1928 Kongres Perempuan Indonesia Pertama diadakan oleh 600 perempuan Indonesia yang hebat dari puluhan perhimpunan wanita dengan berbagai latar belakang, suku, agama, budaya. Mereka memiliki tekad sama, berjuang untuk Indonesia," tulis Menkeu, dalam postingan di laman Instagram pribadi @smindrawati, Rabu (22/12/2021).

"Peringatan Hari ibu di Indonesia BUKANLAH SEREMONI DAN BAJU, namun cerminan semangat juang perempuan Indonesia UNTUK SAMA DAN BERSAMA kaum laki-laki mewujudkan kemerdekaan Indonesia dan mengisi kemerdekaan, dengan mewujudkan keadilan, kemakmuran dan Indonesia yang beradab dan bermartabat," ujar Menkeu.

Disampaikannya juga bahwa, siapapun, dimanapun dan dalam peran apapun perempuan Indonesia berada, semangat juang dan komitmen luhur para perempuan Indonesia sejak 93 tahun lalu tetap sangat relevan hingga saat ini.

"Selamat merayakan Hari Ibu. Perkuat semangat perempuan Indonesia untuk bersama menjaga dan membangun Indonesia," tuturnya.

Dalam postingan tersebut, Sri Mulyani juga menyampaikan kenangannya saat diundang Wellesley College - Boston MA - AS, untuk berbicara pada The Allbright Institute’s Public Diaogue on ADDRESSING GLOBAL INEQUALITY.

Momen yang merupakan kenangan pada 31 Januari 2016 itu, juga melihat kembali masa-masa Sri Mulyani sebagai Managing Director and Chief Operating Officer (MD-COO) World Bank.

Dalam salah satu kompilasi foto yang dibagikan Sri Mulyani, terlihat foto dirinya bersama Christine Lagard MD-IMF, Mark Malloc-Brown mantan Deputy Sekjen PBB dan Madeline Allbright mantan Menlu AS perempuan pertama, juga alumni Wellesley College bersama Hillary Clinton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hari Ibu bagi Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Teten Masduki mengatakan bahwa Hari Ibu menjadi momentum untuk memberikan apresiasi terbesar kepada ibu yang telah melahirkan, mendidik, dan mengasuh anak-anaknya.

"Tidak hanya di rumah, peran perempuan juga sangat besar dalam membangun bangsa di bidang politik, budaya, ekonomi, termasuk di koperasi dan UMKM," ujar Menteri Teten Masduki dalam postingan di laman Instagram pribadinya, pada Rabu (22/12).

Dalam postingan tersebut, tampak Menteri Teten Masduki menyanyikan lagu Ibu karya Iwan Fals.

"Betapa besar pengorbanan mereka dan kerja keras untuk kebaikan anak-anaknya dan juga bangsa ini. Maka terimalah sepenggal lagu Ibu karya Iwan Fals sebagai persembahan saya untuk ibu di seluruh Indonesia. Mas @iwanfals, izin pinjem lagunya untuk Hari Ibu," imbuhnya.

Sambutan Hari Ibu dari Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Menyambut Hari Ibu pada 22 Desember, Sandiaga Uno menyampaikan terima kasihnya atas kasih sayang dan pengorbanan dari sosok Ibu.

Sambutan yang ia posting di laman Instagram resminya itu pun juga ia tujukan langsung pada Ibundanya.

"Terima kasih atas segala kasih sayang dan pengorbanan yang Ibu berikan kepada kami, anak-anakmu. Terima kasih telah menjadi panutan yang luar biasa," tulis menteri yang kerap disapa 'Mas Menteri' tersebut.

"Semoga Allah membalas itu semua dengan senantiasa memberikan kesehatan dan keberkahan. Selamat Hari Ibu, @mienofficial.uno! #HariIbu," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Para Menteri Lain

Adapula sambutan Hari Ibu lainnya dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Memperingati Hari Ibu ke-93, 22 Desember 2021. Memberdayakan seluruh perempuan Indonesia, memberikan manfaat pembangunan yang setara," tulis Menko dalam postingan di fitur Instastory.

"Memperingati Hari Ibu 22 Desember 2021," tulis Menhan Prabowo dalam postingan di Instagram di fitur serupa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Hari Ibu diperingati secara nasional tiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya.

    Hari Ibu 2021

  • Adalah