Sukses

Awas Ramai, Puncak Libur Nataru di Bandara Soetta Diprediksi 24 Desember 2021

AP II memprediksi puncak pergerakan penumpang jelang Nataru akan terjadi pada akhir pekan ini.

 

Liputan6.com, Jakarta Pengelola 19 bandara di Indonesia, PT Angkasa Pura II memprediksi waktu puncak pergerakan penumpang di salah satu bandaranya, yakni Soekarno-Hatta (Bandara Soetta) pada masa libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, akan terjadi dalam waktu dekat.

Executive General Manager (EGM) Airport Operation Division PT Angkasa Pura II, Eri Braliantoro mengatakan, puncak arus pergerakan penumpang yang meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan terjadi pada Jumat mendatang, 24 Desember 2021.

"Puncaknya untuk keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta ada di H-1 Natal, karena Natal itu hari Sabtu, jadi asumsi kami di Jumat," ujar Eri dalam diskusi panel bertemakan Menyikapi Periode Natal dan Tahun Baru (Nataru)  di Masa Pandemi, Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (21/12/2021).

Pihaknya meramalkan akan ada lonjakan penumpang sebanyak 20 sampai 25 persen pada H-1 perayaan Natal 2021. Lalu, untuk puncak arus balik di Bandara Soekarno-Hatta, lanjut Eri, akan terjadi pada hari Minggu, 2 Januari 2022 mendatang .

"Puncaknya kami perkirakan ada tambah 20-25 persen dan itu ada di H-1 Natal, arus balik H+1 tahun baru," ujarnya.

Kendati demikian, jumlah penumpang di bandar udara terbesar di Indonesia tersebut tidak sebanyak pada masa Nataru sebelum pandemi Covid-19. Menurutnya, pada Nataru 2022 nanti diperkirakan hanya 20 persen dari total penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"90 persen penerbangan didominasi pergerakan domestik. Tentunya tujuan favorit dari Bandara Soekarno-Hatta masih di Medan, Pontianak, dan Pekanbaru," ujar Eri.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Nataru

PT Angkasa Pura II membuka posko Natal dan Tahun Baru 2022 di Bandara Soekarno-Hatta. Posko tersebut dipersenjatai oleh ribuan personel gabungan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin menjelaskan kalau kesiapan akan diselaraskan dengan protokol kesehatan yang ketat. Serta memastikan kesiapan fasilitas keamanan, keselamatan dan pelayanan di bandara.

"AP II telah menyusun rencana operasi bandara menghadapi Natal dan Tahun Baru, dan guna menjaga kesiagaan di tengah pandemi, pada hari ini AP II secara resmi membuka Posko Monitoring Angkutan Udara Periode Nataru 2021/2022 di 20 bandara yang dikelola perseroan," ujar Awaluddin dalam keterangannya, Senin (20/12/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.