Sukses

Literasi Digital Jadi Modal Transformasi UMKM

Tren belanja masyarakat berubah selama pandem Covid-19. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi UMKM

Liputan6.com, Jakarta Tren belanja masyarakat berubah selama pandem Covid-19. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan bisnisnya.

Chief Partnership Officer Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti mengatakan, belanja online terus meningkat seiring kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat namun di sisi lain kebutuhan harus terus dipenuhi. Tak pelak hal ini membuat tren belanja online di Indonesia mengalami peningkatan sejak tahun lalu.

"Kebiasaan dan pola belanja konsumen di dunia semakin berubah tak terkecuali di Indonesia," kata Linda dalam peluncuran Akademi Jagoan by Bukalapak, Jakarta, Senin (20/12/2021).

Perkembangan tersebut pun harus diantisipasi para pelaku bisnis agar tetap meraup untung. Sehingga penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan literasi digital agar bisa memberikan layanan yang lebih cepat dan memiliki nilai tambah dan memahami karakteristik pelanggan.

Linda mengatakan demi meningkatkan literasi digital para pelaku usaha, Microsoft Indonesia bekerja sama dengan Bukalapak menghadirkan platform pelatihan digital yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Melalui Akademi Jagoan by Bukalapak ini kami memberikan pelatihan yang menyesuaikan kebutuhan yang ada dengan pelanggan," kata dia.

Hal ini menjadi penting, kala Linda karena pelaku UMKM merupakan motor penggerak perekonomian nasional. Sehingga kemampuan digital para pelaku usaha nantinya bisa meningkatkan perekonomian Indonesia semakin kuat.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunitas Lain

Lindah menambahkan, tidak hanya untuk kalangan pelaku usaha, literasi digital juga diberikan untuk berbagai komunitas. Misalnya komunitas guru-guru yang diberikan pelatihan dasar teknologi digital sebagai media pembelajaran. Para guru yang dilatih tersebut nantinya akan kembali memberikan penjelasan kepada sesama guru lainnya.

"Dalam hal edukasi kami juga melakukan ToT (Trainer of Train) kepada komunitas guru yang mengajarkan digital," kata dia.

Microsoft Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah dalam program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi. Lalu pelatihan digital talent partnership dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Di sini kami juga belajar tentang penggunaan cloud, penyedia solusi digital dan lain-lain," kata dia.

 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.