Sukses

Harga Minyak Turun, Dipengaruhi Penyebaran Varian Omicron

Harga minyak turun pada hari Jumat, menempatkan pasar di jalur untuk kerugian mingguan.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Jumat, menempatkan pasar di jalur untuk kerugian mingguan. Kenaikan terjadi karena melonjaknya kasus varian virus corona Omicron menimbulkan kekhawatiran pembatasan baru dapat menekan permintaan bahan bakar.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (18/12/2021), harga minyak mentah berjangka Brent ditutup 2 persen lebih rendah pada USD 73,52 per barel.

Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 2,1 persen menjadi menetap di USD 70,86 per barel. Brent dan WTI keduanya menuju kerugian 1,4 persen minggu ini.

Di Denmark, Afrika Selatan, dan Inggris, jumlah kasus Omicron baru meningkat dua kali lipat setiap dua hari. Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pada hari Kamis memperingatkan pemerintah dapat memberlakukan pembatasan lebih lanjut untuk membatasi penyebarannya.

Di Amerika Serikat, penyebaran varian Omicron yang cepat telah menyebabkan beberapa perusahaan menunda rencana untuk mempekerjakan kembali pekerjanya.

“Pesan kehati-hatian dan peringatan gelombang COVID-19 yang memburuk mulai berdering lebih keras dengan mendekatnya musim liburan akhir tahun, meredam sentimen pasar,” kata Vandana Hari, analis energi di Vanda Insights.

"Minyak mentah mungkin tetap dalam pola bertahan, meskipun dengan banyak volatilitas harga di sekitar rata-rata, dalam perdagangan yang menipis selama beberapa minggu ke depan," tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

OPEC

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, Rusia dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+, telah mengatakan bahwa mereka dapat bertemu sebelum pertemuan 4 Januari yang dijadwalkan jika perubahan dalam prospek permintaan memerlukan tinjauan rencana mereka untuk menambah pasokan 400.000 barel per hari. di Januari.

Tetapi terlepas dari ancaman Omicron terhadap permintaan, Goldman Sachs mengatakan pada hari Jumat bahwa varian baru memiliki dampak terbatas pada mobilitas atau permintaan minyak, menambahkan bahwa konsumsi minyak diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi pada tahun 2022 dan 2023.

Harga minyak juga telah mundur dari tertinggi multi-tahun di awal kuartal keempat karena peningkatan pasokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.