Sukses

Kartu Prakerja Disebut Tak Efektif Atasi Pengangguran? Menko Airlangga Menjawab

Program Kartu Prakerja ditujukan untuk peserta lulusan SMA, korban PHK, dan pengangguran.

Liputan6.com, Jakarta - Penerima program Kartu Prakerja telah mencapai hampir 12 juta orang. Namun jumlah pengangguran di Indonesia hingga Agustus 2021 hanya mengalami penurunan sebanyak 670 ribu orang atau 0,58 persen dari angka 6,5 persen.

Menanggapi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyebab pengangguran itu kompleks, sehingga Program Kartu Prakerja belum mampu untuk menyelesaikan masalah pengangguran secara signifikan.

“Kartu Prakerja membantu kebekerjaan pesertanya, dan perlu dicatat penyebab pengangguran itu kompleks ada dari sisi demand dan supply, dan dari Prakerja ini kita menyediakan supply,” kata Menko Airlangga dalam konferensi Pers Penutupan program kartu prakerja 2021, Rabu (15/12/2021).

Dia menjelaskan, program Kartu Prakerja ditujukan untuk peserta lulusan SMA, korban PHK, dan pengangguran. Adapun, setelah dilakukan survei terdapat 63 persen yang menganggur sudah bekerja, dan 17 persen yang masih menganggur itu telah bekerja.

“Dan sisanya 46 persen masih berupaya. Meskipun dari 27 persen tersebut sudah menjadi wirausaha,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbasis Investasi

Menurutnya, setiap pertumbuhan 1 persen itu menyerap tenaga kerja sebanyak 500 ribu, tentu Pemerintah terus berupaya agar mereka yang bekerja bisa ditingkatkan lagi keterampilannya dengan berbagai perubahan.

“Dan game charger-nya, pekerjanya bukan berbasis APBN tapi berbasis investasi. Tent uke depan Kartu Prakerja akan mempersiapkan bagaimana mengelola demand side, agar demand side bisa tercipta,” ujarnya.

Di samping itu, Komite dan Manajemen Program Kartu Prakerja juga berkomitmen menambah jumlah wiraswasta di Indonesia, terutama UMKM.

“Kami sudah siapkan program mereka akan dibantu pembiayaan dengan kredit usaha rakyat,” tandas Menko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja atau bisa disebut dengan tunakarya.

    Pengangguran

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja