Sukses

Menko Airlangga: PSN Terbukti Genjot Investasi dan Lapangan Kerja

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2021 yang telah selesai mampu meningkatkan investasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), mengatakan Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020-2021 yang telah selesai mampu meningkatkan investasi di Indonesia.

“Keberadaan Proyek Strategis Nasional telah terbukti meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Menko Airlangga dalam Media Gathering terkait update Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020 – 2021, Rabu (15/12/2021).

Menurutnya di tengah pandemi covid-19, Proyek strategis nasional yang sudah selesai menciptakan lebih dari 11 juta tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung.

Tah hanya itu, investasi pembangunan PSN di berbagai sektor memiliki manfaat terhadap pengembangan wilayah dan daerah, serta nilai tambah industri.

Airlangga berharap, penyelesaian PSN dapat menimbulkan multiplier effect secara sosial dan ekonomi yang akan terus bertambah seiring percepatan penyelesaian berbagai proyek strategis ke depan.

“PSN yang tersebar di berbagai wilayah diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur secara langsung dan mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan perkapita dan kesejahteraan daerah secara jangka panjang,” katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Beban APBN

Kedepannya, Pemerintah terus berkomitmen untuk pembiayaan melalui creative financing, agar PSN dapat dilaksanakan dan mengurangi beban APBN, terutama untuk infrastruktur.

“Kita berharap bahwa pemulihan ekonomi pasca pandemi akan semakin baik dan pemerintah terus mendorong percepatan pengerjaan proyek nasional, guna menjaga pertumbuhan ekonomi yang sustain ke depan,” ujarnya.

Hubungan semua stakeholder juga menjadi penting, dan saat ini pihaknya mengajak seluruh stakeholder untuk mendorong percepatan proyek strategis nasional tersebut.

“Kerjasama tersebut dimulai dari Kementerian Lembaga, Pemda, Swasta dan masyarakat. dan Proyek PSN ini diharapkan bisa maksimal bagi Kepentingan rakyat,” pungkas Menko.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.