Sukses

5 Cara Hemat Atur Duit untuk Hiburan buat Mahasiswa

Ada banyak anggaran lain yang perlu diperhatikan selain berlangganan platform menonton film atau mendengarkan musik sebagai bentuk hiburan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang membutuhkan hiburan di kala penat atau lelah melanda. Entah disebabkan pekerjaan atau tugas yang ada. Dengan hiburan, setidaknya bisa kembali menyegarkan otak dan pikiran di tengah beragam kesibukan tersebut.

Menonton film atau mendengarkan musik adalah beberapa hiburan yang sering dilakukan hampir sebagian orang. Hal tersebut mungkin lebih banyak dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa, atau para lulusan baru.

Beberapa platform online kerap menjadi andalan. Tidak lupa bioskop pun masih dijadikan sebagai tempat menonton film di masa sekarang.

Akan tetapi, untuk bisa menikmati film di beberapa platform tersebut tentu tidak gratis alias berbayar. Tidak sedikit seseorang yang akhirnya rela menghabiskan uang hanya untuk berlangganan di platform menonton film.

Hal itu tentu tentu akan memboroskan jika tidak terkontrol. Padahal anggaran yang dikeluarkan tentu bukan hanya untuk hiburan.

Ada banyak anggaran lain yang perlu diperhatikan selain berlangganan platform menonton film atau mendengarkan musik tersebut.

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengatasinya tentu dengan membuat penganggaran. Melansir laman CNBC, Kamis (16/12/2021), berikut ini 5 tips menghemat biaya hiburan khususnya sebagai seorang mahasiswa.

1. Membuat anggaran

Penganggaran adalah salah satu cara yang perlu dilakukan. Dengan membuat anggaran, Anda dapat melacak pengeluaran dan mengatur berapa uang yang akan digunakan untuk anggaran hiburan dan yang ditabungkan.

Mulailah dengan membuat daftar pengeluaran yang diperlukan, seperti pembayaran sewa, bahan makanan, uang sekolah, dan lainnya.

Setelah itu, buatlah daftar semua uang yang masuk. Mungkin dari pekerjaan, beasiswa, hibah, bantuan orang tua, atau apa pun uang yang Anda dapat.

“Catat semua yang Anda belanjakan, simpan dalam spreadsheet,” kata Catherine Landers, seorang mahasiswa pascasarjana yang mempelajari riset pemasaran di University of Georgia.

2. Identifikasi semua biaya hiburan

Jika belum mampu membuat rencana anggaran secara keseluruhan, setidaknya Anda bisa menentukan anggaran untuk hiburan.

“Buat semua daftar langganan, apakah itu streaming, majalah, atau apa pun itu. Buat daftar lalu susun dari yang paling Anda suka hingga tidak penting bahkan tidak suka,” kata penasihat keuangan dewasa muda dan perencana keuangan asosiasi di Element Financial Group Catie Hogan.

Sebaiknya Anda mengidentifikasi apa saja yang bisa disebut hiburan. Jadi, bukan hanya layanan streaming.

Selain itu, misalnya langganan musik, game, membaca, acara olahraga, atau apa pun itu, masukkanlah ke dalam daftar.

Kemudian setelah mengidentifikasi beragam jenis hiburan, Anda bisa memilih dan mengurangi biaya yang tidak perlu. Misalnya Anda bisa memilih satu layanan musik di antara banyaknya jenis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cari tabungan khusus pelajar

Seorang pelajar atau mahasiswa cenderung tidak memiliki banyak penghasilan. Meskipun memang ada sebagian orang yang sudah menjadi pengusaha ketika masih menempuh pendidikan.

Jadi ketika ingin menikmati hiburan, Anda lebih baik mencari platform yang bisa berlangganan dengan harga yang lebih murah.

Di samping itu, Anda juga mungkin bisa memanfaatkan diskon yang ada. Jangan meremehkan diskon karena hal seperti itu akan sangat membantu Anda untuk menghemat biaya hiburan 

4. Pergi ke perpustakaan ketika butuh buku bacaan

Sebagai seorang pelajar terlebih mahasiswa, Anda mungkin akan memerlukan buku bacaan. Entah untuk melengkapi tugas atau skripsi.

Pada saat itulah Anda bisa datang ke perpustakaan. Di sana tentu banyak buku-buku yang bisa digunakan secara gratis sehingga Anda tidak perlu berlangganan atau membeli buku.

5. Fokus pada nilai dari hiburan

“Selain mencari tahu berapa banyak pengeluaran biaya tetap, seperti pembayaran sewa, utilitas, dan lainnya, Anda juga bisa menetapkan anggaran diskresioner. Dengan uang itu, evaluasi apa yang membuat Anda bahagia dan pertimbangkan manfaatnya,” jelas Hogan.

Fokuslah pada alasan Anda berlanggaran sebuah platform hiburan. Selanjutnya, pikirkan manfaat yang akan Anda dapat. Sebab, benar-benar fokus pada alasan tersebut dapat membantu Anda menghemat uang.

Hogan menjelaskan, “Maksimalkan anggaran diskresioner Anda pada hal-hal yang bernilai tinggi, apa yang akan memberi Anda kebahagiaan paling besar. Tidak masalah berapa banyak anggaran diskresioner Anda. Saya ingin Anda memaksimalkan kegembiraan yang diberikan untuk diri Anda sendiri. Potong pengeluaran yang tidak menambah apa pun dalam hidup Anda.”

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.