Sukses

Kereta Cepat Setop di Padalarang, Berapa Waktu Tempuh Jakarta-Bandung?

Pemberhentian akhir rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung ternyata hanya sampai Padalarang, Kabupaten Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tengah jadi sorotan pasca ambruknya beton tiang yang menimpa dua ekskavator. Selain itu, netizen pun kini ramai mempertanyakan fakta bahwa pemberhentian akhir rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung ternyata hanya sampai Padalarang, Kabupaten Bandung.

Lantas, penumpang kereta cepat butuh berapa lama jika ingin berpergian dari Jakarta ke Bandung jika kereta cepat Jakarta Bandung berhenti di Padalarang?

Presiden Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China Slamet Riyadi menjelaskan, dalam fase awal ada 4 stasiun yang digunakan untuk melayani KCJB, yakni Stasiun Tegalluar, Padalarang, Karawang, dan Stasiun Halim.

"Stasiun KCJB akan berada di sebelah barat Stasiun KA Padalarang. Penumpang yang hendak menggunakan layanan kereta cepat dari Padalarang atau sebaliknya akan disediakan KA Feeder menuju Stasiun Cimahi dan Bandung," jelasnya.

KA Feeder akan menggunakan rangkaian KRD yang didesain seperti KA Bandara, dan melayani rute dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung serta dapat berhenti di Stasiun Cimahi.

Menurut rencana, pemberangkatan KA Feeder setiap 20 menit pada jam sibuk dan 30 menit di luar jam sibuk, atau menyesuaikan operasional kereta cepat.

Durasi perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung sendiri diperkirakan memakan waktu 18 menit. Jika berhenti di Stasiun Cimahi, maka durasi perjalanan jadi 22 menit.

Jika dibandingkan dengan waktu tempuh stasiun ujung di rute Kereta Cepat Jakarta-Bandung, durasi dari Stasiun Halim menuju Padalarang diklaim hanya menghabiskan sekitar 36 menit saja.

Meski memakan jarak hingga 142 km, waktu tempuh tersebut bisa dikejar dengan kecepatan maksimal 350 kmh. Sementara jika dibandingkan dengan jarak dari Stasiun Padalarang menuju Bandung, itu berkisar sekitar 18 km.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ternyata Kereta Cepat Jakarta Bandung Hanya Sampai Stasiun Padalarang

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) diketahui akan dilengkapi 4 Stasiun yang digunakan untuk melayani penumpang pada tahap awal. Keempatnya yaitu Stasiun Tegalluar, Padalarang, Karawang dan Stasiun Halim.

Bahkan nantinya Stasiun Padalarang akan dijadikan stasiun hub yang bersisian dengan jalur eksisting KAI yang sudah ada. Itu artinya kereta cepat Jakarta Bandung hanya sampai stasiun ini.

Pelayanan KCJB selanjutnya akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya. “Di Stasiun Hub Padalarang ini, akan terjadi konektivitas yang nyaman bagi penumpang KCJB yang ingin langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Cimahi dan Bandung dengan KA Feeder yang dilayani oleh PT KAI,” jelas Presiden Direktur PTKCIC, Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangannya, belum lama ini.

Dikatakan jika keberadaan stasiun Padalarang ini dinilai dapat meningkatkan konektivitas penumpang dari pusat Kota Bandung dan Cimahi yang akan menggunakan layanan KA Cepat.

Dwiyana mengatakan jika penambahan Stasiun Hub di Padalarang dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Salah satunya adalah demografi, komersial dan infrastruktur di areaPadalarang yang memadai, dan untuk menyasar penumpang yang berasal dariBandung bagian Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.