Sukses

Generasi Muda Kunci Keberhasilan Indonesia Berjaya di Bidang Maritim

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bersama dengan Maritim Muda Nusantara, menyelenggarakan Blue Economy 4.0 Training Series, bertajuk 'Blue Economy Business, Sustaining Our Seas', pada 9 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta Badan Riset Sumber Daya Manusia Kelautan (BRSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), bersama dengan Maritim Muda Nusantara, menyelenggarakan Blue Economy 4.0 Training Series, bertajuk 'Blue Economy Business, Sustaining Our Seas', pada 9 November 2021.

Menteri Trenggono menilai, generasi muda Indonesia berperan besar dalam upaya mengenalkan dan menerapkan ekonomi biru dimulai dari lingkungan sekitarnya. Sebagaimana generasi muda bertanggungjawab dalam meningkatkan daya saing bangsa dan kemandirian ekonomi bangsa. 

"Saya sangat mengapresiasi Kegiatan Blue Economy 4.0 Training Series yang merupakan kerja sama antara BRSDM dengan Maritim Muda Nusantara, yang mengambil tema 'Pengenalan Bisnis dan Investasi Ekonomi Biru 4.0',” kata Menteri Trenggono dikutip dari laman kkp.go.id, Jumat (10/12/2021).

Menurutnya, peran pemuda tentunya sangatlah penting dalam upaya menyukseskan program-program pemerintah. Generasi muda saat ini juga menjadi salah satu kunci dari keberhasilan ekonomi di Indonesia.

Adapun dalam pelaksanaan pembangunan sektor kelautan dan perikanan, serta peningkatan devisa negara dan kesejahteraan masyarakat, saat ini KKP menginisiasi tiga program terobosan, yaitu penerapan kebijakan penangkapan terukur berbasis kuota di setiap Wilayah Pengelolaan Perikanan untuk keberlanjutan ekologi.

Kedua, pengembangan perikanan budidaya berbasis pada ekspor dengan empat komoditas unggulan di pasar global, yaitu udang, lobster, kepiting, dan rumput laut; dan ketiga, pembangunan kampung perikanan budidaya berbasis kearifan lokal.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpikir Kreatif

Demikian, dengan peran generasi muda yang memiliki kelebihan yaitu mampu berpikir out of the box sehingga dapat berpikir secara kreatif dan mampu mengembangkan sesuatu menjadi lebih bernilai.

Kegiatan ini diharap dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda serta memiliki sikap dalam membangun dan mengelola bisnis ekonomi biru 4.0 di Indonesia.

"Implementasi ekonomi biru ini sangat penting dalam transformasi tata kelola perikanan yang akan menjadi legacy bagi generasi mendatang, di mana kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan harus berlandaskan pembangunan ekonomi biru, sebagaimana tuntutan pembangunan global," pungkas Menteri KKP.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.