Sukses

BKPM dan Bapennas Pamer Visi Pembangunan Ibu Kota Baru di Dubai Expo

Perhelatan Dubai Expo 2020 memasuki bulan ketiga atau minggu kesepuluh.

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Dubai Expo 2020 memasuki bulan ketiga atau minggu kesepuluh. Kali ini giliran Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Investasi dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Kali ini keduanya akan menjabarkan terkait visi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru dan kaitanmya dengan visi Indonesia 2045. Pada kesemoatan itu juga disampaikan sistem investasi serta proyek strategis nasional seperti pariwisata di tanah air.

Terhitung dari tanggal 3-9 Desember 2021, Bappenas dan Kementerian Investasi/BKPM akan mengisi Paviliun Indonesia dengan mengadakan sejumlah forum bisnis, one-on-one meeting, serta menampilkan konten digital untuk memperkenalkan proyek strategis seperti pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Visi Indonesia 2045, Komitmen Indonesia untuk SDGs, serta serangkaian produk investasi dan sistem One Single Submission (OSS) yang dapat memudahkan investor asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Melalui Bappenas), perencanaan pembangunan IKN baru yang berkualitas dan berkelanjutan nantinya akan berorientasi pada Visi Indonesia 2045. Seperti yang diketahui, tahun 2045 menjadi momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada saat itu pula, Indonesia telah genap merdeka selama 100 tahun. Hal tersebut membuat Indonesia diprediksi akan memperoleh bonus demografi.

Demi menjawab perencanaan pembangunan nasional tersebut, Bappenas pada perhelatan Expo 2020 Dubai banyak membahas mengenai acara tematik yang menyajikan forum interaktif mengenai IKN dari berbagai tema, mulai dari IKN sebagai Pusat Talenta dan Pendidikan Abad 21, IKN sebagai Kota Hutan, IKN sebagai Smart City, dan IKN sebagai Superhub.

Selain itu, Bappenas turut menyajikan forum bisnis terkait Sustainable Development Goals (SDGs) dengan tema Impelementasi SDGs di daerah lokal Indonesia, Implementasi SDGs oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta Peran Filantropi dan Pelaku Usaha terhadap Kemitraan Multipihak untuk mencapai SDGs.

“Perhelatan Expo 2020 Dubai membuka kesempatan Indonesia untuk memperkenalkan perencanaan pembangunan Indonesia yang inovatif dengan tetap memperhatikan pembangunan berkelanjutan. Segala kegiatan Bappenas pada perhelatan Expo 2020 Dubai ini banyak disajikan melalui aneka forum bisnis yang menghadirkan para pembicara yang berpengalaman pada bidangnya. Berbagai acara tematik ini bertujuan untuk memberi informasi pada dunia mengenai rencana pembangunan IKN baru yang berkelanjutan hingga Visi Indonesia 2045 guna menarik investor, khususnya investor dari Timur Tengah,” tutur Sekretaris Utama Bappenas, Himawan Hariyoga, ditulis Kamis (9/12/2021).

Segala pemaparan terkait IKN di Paviliun Indonesia akan dikemas melalui tampilan panoramic interactive multimedia yang menggambarkan lingkungan dan desain ibu kota. Kemudian one-on-one meeting untuk mempertemukan investor dengan para pemangku kepentingan sektor swasta, lembaga keuangan global, dan mitra internasional Indonesia yang bertujuan untuk membahas rencana investasi.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kementerian Investasi

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mengembangkan Sistem One Single Submission (OSS) demi Percepatan Investasi di IndonesiaKegiatan lain yang hadir pada minggu ke-10 Paviliun Indonesia adalah potensi investasi di Indonesia.

Melalui Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memiliki 6 sektor prioritas untuk mendorong percepatan investasi di dalam negeri, mulai dari pariwisata, energi terbarukan, infrastruktur, manufaktur, dan pertambangan.

Pada tahun 2022, Kementerian Investasi/BKPM menargetkan realisasi investasi agar dapat mencapai Rp1.200 Triliun. Target tersebut ditetapkan sebagai salah satu upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4% sampai 6% tahun depan. Maka dari itu, saat ini Kementerian Investasi/BKPM sedang gencar-gencarnya mendorong percepatan investasi pada 6 sektor prioritas tersebut.

“Indonesia saat ini memiliki target investasi yang meningkat di setiap tahunnya. Maka dari itu, Indonesia juga ditargetkan untuk melakukan berbagai gerakan yang inovatif. Salah satunya adalah yang berkaitan dengan 6 sektor prioritas, termasuk energi terbarukan dan manufaktur yang menjadi peluang pasar di Timur Tengah," kata Nurul Ichwan, Deputi Perencanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

"Pada saat ini pula Indonesia sedang menggencarkan baterai elektronik yang tahan lama dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Apung. Expo 2020 Dubai adalah kesempatan yang luar biasa untuk memperkenalkan inovasi-inovasi tersebut. Kesempatan ini juga sekaligus dapat menarik investor demi meningkatkan potensi investasi,” tuturnya.

Dalam kaitannya dengan investasi, Kementerian Investasi/BKPM juga turut mengembangkan sebuah portal administratif yang bernama One Single Submission (OSS). Platform ini memfasilitasi perizinan usaha guna meningkatkan kompetensi dan daya saing. Tujuan dibentuknya OSS adalah membantu pemilik bisnis dan UMKM agar lebih cepat mendapatkan legalitas usaha. Para pengusaha baik perusahaan dalam negeri hingga asing dapat mendapatkan izin usaha yang lebih mudah melalui sistem OSS tersebut. Para investor yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia juga turut diberi kemudahan untuk melakukan investasi.

Segala kegiatan Kementerian Investasi/BKPM di Paviliun Indonesia dikemas melalui investment clinic, one-on-one meeting, forum bisnis, hingga berbagai konten digital yang memperkenalkan sistem perizinan dan keadaan ekonomi Indonesia yang lebih spesifik.

Hingga saat ini, terdapat 28 perusahaan internasional yang telah teregistrasi untuk mengikuti aneka kegiatan dari Kementerian Investasi/BKPM. Melalui kesempatan yang luar biasa ini, besar harapannya untuk Indonesia dapat mendorong percepatan investasi mengingat Indonesia memiliki berbagai potensi yang sangat luar biasa.

Berbagai kegiatan di minggu ke-10 Paviliun Indonesia saat ini lebih banyak disajikan melalui acara tematik berupa forum bisnis guna memberi informasi pada dunia sekaligus menarik para investor. Paviliun Indonesia yang kini telah dikunjungi oleh lebih dari 370.000 pengunjung memberi kesempatan yang luar biasa bagi Indonesia untuk terus memperkenalkan proyeksi dan potensi Indonesia ke mata dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.