Sukses

Harga Minyak Melonjak di Tengah Kekhawatiran Investor akan Omicron

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 38 sen, atau 0,5 persen menjadi di USD 75,83 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada perdagangan Rabu, mengambil jeda setelah kenaikan awal pekan ini. Kenaikan harga minyak karena investor menilai dampak Covid-19 varian Omicron pada ekonomi global.

Pasar memiliki reaksi teredam terhadap angka persediaan minyak mingguan AS, yang menunjukkan penurunan lebih kecil dari yang diantisipasi dalam stok minyak mentah dan peningkatan lain dalam produksi secara keseluruhan. Hal ini memberikan kepercayaan pada ekspektasi bahwa pasokan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

Dikutip dari CNBC, Kamis (9/12/2021), harga minyak mentah berjangka Brent naik 38 sen, atau 0,5 persen menjadi di USD 75,83 per barel. Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 31 sen atau 0,43 persen ke leval USD 72,36 per barel.

Harga minyak mentah Brent telah rebound lebih dari 9 persen sejak 1 Desember karena tanda-tanda Omicron hanya berdampak terbatas pada permintaan minyak, setelah turun 16 persen sejak 25 November.

"Sekitar dua pertiga dari penurunan harga sebelumnya (telah) terkoreksi," kata Commerzbank dalam sebuah catatan.

“Belum ada efek perlambatan yang nyata pada permintaan minyak. Bahkan penerbangan, sektor yang seharusnya terkena pukulan pertama, hanya mengalami sedikit penurunan kapasitas tempat duduk," lanjut dia.

Munculnya varian Omicron dikombinasikan dengan keputusan AS untuk melepaskan persediaan dari cadangan strategisnya memukul pasar kembali pada ekspektasi bahwa pasokan akan melebihi permintaan pada bulan-bulan awal tahun 2022.

Pada akhirnya, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia, yang dikenal sebagai OPEC+, memilih untuk mempertahankan jadwalnya untuk meningkatkan pasokan sebesar 400.000 barel per hari setiap bulan. Meskipun ada kekhawatiran bahwa varian virus corona baru akan melemahkan permintaan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Produksi Minyak AS

Sementara itu, produksi minyak AS naik menjadi 11,7 juta barel per hari dalam minggu terakhir, meskipun angka produksi mingguan tidak stabil. Departemen Energi AS juga mengatakan persediaan bensin dan sulingan naik lebih dari yang diantisipasi, sementara stok minyak mentah turun hanya 240.000 barel, kurang dari yang diharapkan.

"Angka utama bearish dan pasar tidak bereaksi agresif di kedua arah," kata Tony Headrick, Analis Pasar Energi di CHS Hedging.

Pasar juga fokus pada dimulainya kembali pembicaraan antara Washington dan Teheran mengenai program nuklir Iran. Para pejabat Barat telah menyuarakan kekecewaan atas tuntutan Iran yang meluas.

Jika sanksi AS dilonggarkan, itu dapat menyebabkan ekspor minyak Iran yang lebih tinggi, yang dapat menambah tekanan pada harga minyak.

Ketegangan antara kekuatan Barat dan Rusia atas Ukraina juga tetap tinggi setelah Presiden Joe Biden memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa bahwa Barat akan memberlakukan tindakan ekonomi dan lainnya yang kuat di Rusia jika menyerang Ukraina. Sementara Putin menuntut jaminan bahwa NATO tidak akan berkembang lebih jauh ke timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.