Sukses

Pasang Solar Panel di 4 Pabrik, Pan Brothers Target Reduksi 63 Juta Kg Karbon Emisi

Instalasi solar panel berkapasitas sampai 2,554 kWp (kilowattpeak) dipasang di 4 pabrik Pan Brothers yaitu 2 pabrik di Boyolali, 1 pabrik di Sragen dan 1 pabrik di Cikande.

Liputan6.com, Jakarta PT Pan Brothers Tbk dan Grup bekerja sama dengan PT Xurya Daya Indonesia yang merupakan pionir instalasi PLTS Atap tanpa investasi memulai secara mandiri instalasi solar panel tahap pertama dan berencana untuk menyelesaikannya pada kuartal ke-4 tahun 2021 ini.

Instalasi solar panel tersebut berkapasitas sampai 2,554 kWp (kilowattpeak) dipasang di 4 pabrik Pan Brothers yaitu 2 pabrik di Boyolali, 1 pabrik di Sragen dan 1 pabrik di Cikande. Dari instalasi solar panel ini diharapkan Perseroan dan grup dapat mereduksi kurang lebih 63 juta kg karbon emisi (CO2e) per 30 tahun atau 2.1 juta per tahunnya.

Program ini akan dilanjutkan dengan instalasi tahap kedua yang rencananya akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2022 terhadap 5 pabrik lainnya di Tangerang, Sragen, Klego dan Sambi yang diperkirakan akan memberikan hasil yang sama seperti pada tahap pertama.

Saat ini PT Prima Sejati Sejahtera (salah satu anak usaha PT Pan Brothers Tbk) telah mengoperasikan solar panel fase 1 pada tahap pertama yang berlokasi di di Boyolali dengan kapasitas 368 kWp.

Vice CEO PT Pan Brothers Tbk & Grup Anne Patricia Sutanto mengatakan bahwa Inisiatif tersebut merupakan salah satu komitmen Perseroan dan Grup untuk menjadi Pioneer dalam mendukung program pemerintah sehubungan dengan sustainability dan program untuk mencapai Net-Zero Emission pada 2060.

"Sudah sepatutnya kita semua mendukung terwujudnya lingkungan yang bersih dan bebas dari polusi," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Perseroan dan Grup juga berkomitmen untuk mengurangi separuh emisi gas rumah kaca (GRK) pada tahun 2030 melalui beberapa proyek seperti instalasi solar panel, peningkatan sumber energi terbarukan (renewable energy), proyek ‘Zero Waste Management’, ekonomi sirkuler, dan teknologi yang hemat energi. Reduksi emisi gas rumah kaca (GRK) untuk meminimalkan dampak dari risiko perubahan iklim dan pemanasan global menjadi sangat penting untuk keberlanjutan kehidupan.

Mengingat keterbatasan sumber daya alam dan kebutuhan masa depan masyarakat, Pan Brothers dan Grup turut bertanggung jawab untuk menjalankan bisnisnya secara berkelanjutan dan meminimalisir dampak negatif pada ekosistem dan masyarakat global.

Solar panel adalah salah satu pilihan energi alternatif yang dapat menjadi solusi untuk Indonesia sekarang ini, Indonesia kaya dan berlimpah terhadap energi surya. Potensi ini dimanfaatkan dengat sangat baik oleh Perseroan dengan memaksimalkan penggunaan solar panel di seluruh fasilitasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Ramah Lingkungan

Sebagai salah satu perusahaan garmen manufaktur di Indonesia yang mempekerjakan sekitar 33.000 orang Perseroan dan grup terus berkomitmen untuk melestarikan dan berkontribusi secara positif pada ekosistem.

Hal ini juga sejalan dengan Visi, Misi dan Strategi Keberlanjutan Pan Brothers dan Grup yang berlandaskan pada tiga cabang (Tiga Landasan Dasar - People, Planet, Profit), untuk menciptakan nilai positif bagi semua pemangku kepentingan termasuk komunitas, lingkungan, dan bisnis kami sendiri.

Program tersebut juga merupakan kelanjutan dari Green Office di Boyolali, Jawa Tengah, yang dianugerahi standar Platinum oleh Green Building Council Indonesia pada 17 September 2020 yang memiliki fasilitas ramah lingkungan, juga merupakan wujud komitmen Pan Brothers dan Grup untuk menciptakan lingkungan yang lebih ramah lingkungan.

Fitur hemat energi dan konservasi air di Green Office juga merupakan menginspirasi untuk mengelola energi dan sumber daya air secara lebih bertanggung jawab.

Dengan investasi yang dilakukan Pan Brothers dan Grup di panel surya dan teknologi pemanenan air hujan, kinerja energi dan intensitas air, yang mengacu pada penggunaan energi dan air kami per unit pendapatan yang dihasilkan, telah meningkat secara signifikan dengan pengurangan masing-masing 29,76 persen dan 31,92 persen antara 2016-2020.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen PT Pan Brothers Tbk untuk beralih ke energi terbarukan melalui instalasi PLTS Atap di seluruh fasilitasnya. Kami berharap lebih banyak perusahaan di Indonesia yang mengikuti jejak PT Pan Brothers Tbk. Untuk membantu mengurangi pemanasan global dalam membangun masa depan yang lebih baik buat Indonesia," ungkap VP Marketing Xurya Daya Indonesia George Hadi Santoso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.