Sukses

Investasi Reksa Dana Pilihan Tepat Saat Ini, Apa Alasannya?

Berinvestasi pada reksa dana saham dapat menjadi pilihan yang menarik saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Reksa dana dinilai menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat pada saat ini. Sejumlah faktor pun menjadi pendorong hal tersebut.

Senada dengan pemulihan ekonomi di Indonesia, indikator aktivitas manufaktur yaitu Purchasing Managers Index (PMI) bulan Oktober 2021 kembali mencapai rekor tertinggi sejak survei PMI dimulai pada April 2011.

PMI Manufaktur konsisten menuju arah pemulihan ekonomi yang terus menguat pada angka 57,2 setelah sebelumnya berada di level 52,2 pada bulan September 2021 dan di level 43,7 pada bulan Agustus 2021. Adapun pencapaian indeks PMI di atas 50 tersebut menunjukkan ekspansi keyakinan pelaku industri dalam menjalankan usahanya.

"Berinvestasi pada reksa dana saham dapat menjadi pilihan yang menarik saat ini," kata Direktur PT Insight Investments Management, Ria M. Warganda.

Mengingat pasar selalu forward looking, relaksasi atas pembatasan kegiatan dan pemulihan ekonomi membuat investor lebih optimis melihat pasar saham kedepan.

Selain itu valuasi dari saham-saham kapitalisasi besar menjadi lebih menarik dengan adanya potensi terjadinya V-Shape recovery setelah koreksi yang dalam pada beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, menurut Head of Investment Specialist PT Insight Investments Management, Suluh Tripambudi Rahardjo sektor-sektor seperti perbankan, konsumen, telekomunikasi dan kesehatan merupakan sektor-sektor yang berpotensi tumbuh lebih baik ke depan.

Hal ini seiring dimulainya periode pemulihan ekonomi Indonesia yang diikuti juga oleh beberapa sektor siklikal seperti transportasi, konstruksi, komoditi, semen, ritel, dan otomotif.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergerakan Indeks Saham

Di tempat lain, pergerakan indeks saham antara lain IDX30, LQ45 dan SRI-KEHATI menunjukkan pertumbuhan positif di periode 3 bulan dan 6 bulan, bahkan ketiga indeks tersebut telah mengungguli performa Jakarta Composite Index (JCI) atau Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada periode 3 bulan terakhir.

Hal ini diharapkan akan meningkatkan performa produk Reksa Dana ekuitas Insight antara lain Reksa Dana Indeks Insight SRI-KEHATI Likuid Fund, Reksa Dana Indeks Insight IDX30, Reksa Dana ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index dan Reksa Dana Insight Wealth.

"Performa Reksa Dana Indeks Insight SRI-KEHATI Likuid Fund, Reksa Dana Indeks IDX30, Reksa Dana ETF FTSE Indonesia Low Volatility Factor Index dan Reksa Dana Insight Wealth berpotensi untuk terus tumbuh seiring dengan trend kenaikan performa saham-saham kapitalisasi besar yang masuk sebagai underlying portfolio Reksa Dana ekuitas Insight," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.