Sukses

Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Tambah SPKLU di Lampung

PLN menambah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) di Lampung.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) menambah Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) di Lampung. Langkah tersebut dilakukan guna memudahkan pengguna kendaraan listrik mengisi energi di wilayah tersebut.

General Manager PLN UID Lampung, I Gede Agung Sindu Putra mengatakan, lewat program Electrifying Lifestyle PLN mengajak masyarakat menggunakan peralatan yang sumber energinya listrik, salah satunya dengan kendaraan listrik. Hal ini juga sesuai arahan pemerintah dalam mempercepat konversi energi fosil ke energi listrik yang lebih ramah lingkungan.

"PLN terus mendorong pertumbuhan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Energi listrik merupakan energi yang ramah lingkungan, bersih tanpa polusi, tanpa karbonisasi, praktis dan ekonomis. Maka, penggunaan kendaraan listrik merupakan pilihan yang paling tepat saat ini," kata Sindu, dikutip dari rilis PT PLN (Persero), Sabtu (4/12/2021).

PLN juga menyampaikan pihaknya berkomitmen mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, salah satunya dengan memperbanyak insfrastruktur SPKLU di berbagai daerah, termasuk di Provinsi Lampung. Sehingga masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik tidak perlu khawatir dalam pengisian energinya.

"Penambahan titik lokasi SPKLU ini merupakan tekad kita bersama dalam mendorong masyarakat untuk bertransisi dari pengunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik yang bersih dan ramah lingkungan," ujar Sindu.

Sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, terlebih dengan didukungnya akses jalan Tol Trans Sumatera, PLN menilai perlu memperbanyak titik SPKLU guna mengantisipasi meningkatnya minat penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

Bagi masyarakat Bandar Lampung pengguna kendaraan listrik kini semakin mudah, ungkap Sindu, karena PLN UID Lampung telah mengoperasikan penambahan satu titik SPKLU yang berlokasi di El’s Coffee Roastery Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandar Lampung, pada 29 November 2021.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rest Area

Pada bulan Desember ini, PLN berencana menambah satu titik lagi di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 49A.

Penambahan infrastruktur pengisian emergi kendaraan listrik ini merupakan lanjutan, setelah SPKLU pertama di Rest Area Tol Trans Sumatera KM 20 B dioperasikan pada tahun yang lalu.

Dengan bertambahnya perngoperasian SPKLU, saat ini total SPKLU di Indonesia ada sebanyak 219 unit terletak di 185 lokasi, 60 unit SPKLU di antaranya adalah milik PLN yang berada di 45 lokasi pada 21 kota.

PLN menyebut jumlah SPKLU akan terus bertambah, sebab pihaknya sedang membangun 54 unit di 21 kota.

Bukan hanya memenuhi ketersediaan kebutuhan SPKLU saja, PLN juga telah menambahkan sajian fitur layanan terbaru tentang SPKLU pada aplikasi PLN Mobile.

Sehingga, seluruh pengguna kendaraan listrik sekaligus pengguna SPKLU akan lebih mudah dalam bertransaksi dan mencari titik lokasi SPKLU yang terdekat.

"Fitur tambahan pada aplikasi PLN Mobile kini sudah tersedia menu SPKLU yang terkoneksi dengan aplikasi Charge In, sehingga dapat menambah kenyamanan pengguna kendaraan listrik dalam mencari lokasi SPKLU terdekat serta kemudahan bertransaksi yang terintegrasi dengan fintech Link Aja,” jelas Sindu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.