Sukses

Optimalkan Pangsa Pasar Asia Timur, BRI Buka Kantor Cabang di Taiwan

BRI Taipei Branch telah mengantongi izin operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office License oleh otoritas Taiwan.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengembangkan bisnis ke luar negeri untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar. Terbaru, BRI membuka Kantor Cabang di Taipei, Taiwan. Kantor Cabang Luar Negeri ke-enam yang dimiliki BRI ini terletak di No. 166, Sec. 3, Nanjing East Road, Zhongshan District, Taipei City, Taiwan. Operasional BRI Taipei Branch (BRITW) ini sudah dimulai pada Selasa, 30 November 2021.

BRI Taipei Branch telah mengantongi izin operasional sebagai Full Retail Foreign Bank Branch Office License oleh otoritas Taiwan. Dengan lisensi tersebut, BRI Taipei Branch dapat memberikan pelayanan Simpanan, Pinjaman, Remitansi, Trade Finance, dan Treasury kepada nasabah di Taiwan.

SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengatakan kehadiran BRI Taipei Branch ini diharapkan bisa memaksimalkan pangsa pasar di Asia Timur. Seperti diketahui, ekonomi Taiwan bertumpu pada produk-produk Hi-tech, semikonduktor, hingga komputer dengan total Produk Domestik Bruto (PDB) menyentuh US$668,5 miliar pada 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Pasar BRI

Lebih rinci, Achmad mengatakan potensi bisnis yang dibidik BRI melalui BRI Taipei Branch ini antara lain Diaspora di Taiwan serta Indonesian Trade Related Business. Terlebih, BRI Taipei Branch merupakan satu-satunya kantor cabang yang dimiliki oleh bank asal Indonesia di Taiwan.  

“Sebagai bank asal Indonesia pertama dan satu-satunya di Taiwan, BRI Taipei Branch membawa misi untuk membantu Diaspora Indonesia yang berada di Taiwan mendapatkan layanan perbankan, baik itu simpanan, pinjaman, dan layanan perbankan lainnya seperti trade finance dan bisnis remitansi,” jelas Achmad, Selasa (30/11).

Nilai ekspor-impor Indonesia dan Taiwan yang terus meningkat semakin mendukung BRI untuk memaksimalkan pangsa pasar Asia Timur melalui BRI Taipei Branch. Nilai ekspor non-migas ke Taiwan pada Oktober 2021 menembus US$783,3 juta dan impor nonmigas sebesar US$260,3 juta.

“Kami akan berusaha untuk dapat menjembatani kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dan Taiwan, melalui layanan Trade Finance, dan jasa perbankan lainnya. Harapannya, dengan hadirnya BRI di Taipei dapat membantu meningkatkan ekspor produk dari Indonesia ke Taiwan, khususnya produk-produk UMKM," tambah Achmad Royadi.

3 dari 3 halaman

Sasar PMI di Taiwan

Selain itu, BRI Taipei Branch ini merupakan komitmen perseroan untuk hadir melayani para Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan. Hingga Oktober 2021, tercatat terdapat 250.000 PMI yang bekerja di Taiwan.

“Para Pekerja Migran Indonesia tersebut secara rutin membutuhkan layanan remitansi untuk mengirimkan penghasilannya kepada keluarga dan memberikan layanan produk simpanan serta investasi untuk jaminan di hari tua,” jelasnya.

Sebelumnya, BRI tercatat telah memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di beberapa negara. Kantor cabang tersebut antara lain BRI New York Agency (BRINYA), BRI Cayman Island Branch (BRICIB), BRI Hong Kong Representative Office (BRI HKRO), BRI Singapore Branch (BRISG), dan BRI Timor Leste Branch (BRITL). Kehadiran BRI Taipei Branch ini turut menjembatani investor asal Taiwan untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi asing di dalam negeri.

“Kedepan BRI Taipei Branch juga kami rencanakan menjadi gerbang investasi dari Taiwan ke Indonesia yang dapat membantu para investor untuk berinvestasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan nilai Investment Yield yang lebih kompetitif tentu akan menarik minat Investor dari Taiwan untuk berinvestasi di Indonesia. Pembukaan Kantor Cabang BRI di Taipei sesuai dengan semangat kami untuk Memberi Makna Indonesia,” tutup Achmad.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini