Sukses

Harga Emas Naik Akibat Kekhawatiran Investor Soal Varian Omicron

Harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.780,05 per ons.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik pada perdagangan Rabu, mengikuti pelemehan dolar Amerika Serikat (AS). Investor menggunakan pullback di sesi sebelumnya untuk membeli emas batangan sebagai lindung nilai terhadap volatilitas pasar yang lebih luas di tengah kekhawatiran atas dampak varian Omicron Covid-19.

Dikutip dari CNBC, Kamis (2/12/2021), harga emas di pasar spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.780,05 per ons pada 14:33. ET setelah anjlok 0,9 persen pada perdagangan Selasa.

Hal ini menyusul pernyataan Ketua Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell yang menyatakan bank sentral akan membahas apakah akan mengakhiri pembelian obligasi lebih awal dari yang diharapkan dalam pertemuan Desember.

Kepala Strategi Pasar Blue Line Futures Chicago, Phillip Streible mengatakan, kekhawatiran atas varian Omicron mendukung harga emas karena pembatasan baru akan memperlambat ekonomi global, dengan dolar yang lebih lemah juga meningkatkan permintaan untuk logam safe-haven seperti emas.

Harga emas berjangka AS ditutup naik 0,4 persen menjadi USD 1.784,30. Kenaikan harga emas datang bersamaan dengan rebound tajam dalam ekuitas, bahkan ketika AS memberlakukan aturan pengujian COVID-19 yang lebih ketat untuk pelancong melalui pesawat, sementara lebih banyak negara memperketat perbatasan.

"Emas sedang berjuang untuk momentum di kedua arah yang sedikit aneh mengingat imbal hasil masih rendah dan dolar melemah," ungkap Analis Pasar Senior di OANDA,  Craig Erlam.

"Pasar berombak dengan kecemasan yang mendasarinya juga harus lebih mendukung harga emas tetapi ketidakmampuannya untuk menyeret dirinya kembali di atas USD 1.800 bukanlah pertanda bagus," lanjut dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Ekonomi AS

Sementara itu, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi AS yang kuat dan ketidakseimbangan penawaran-permintaan siap untuk bertahan dalam waktu dekat, pembuat kebijakan harus siap untuk menanggapi kemungkinan bahwa inflasi mungkin tidak surut pada paruh kedua tahun depan karena mengharapkan.

Beberapa investor memandang emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi yang lebih tinggi, tetapi pengurangan stimulus dan kenaikan suku bunga mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, meningkatkan biaya peluang emas tanpa bunga.

Di tempat lain, harga perak turun 2,3 persen pada USD 22,27 per ounce. Harga platinum stabil di USD 934,55 dan paladium naik 0,1 persen menjadi USD 1.740,25.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.