Sukses

Tips Jadi Jutawan di Usia Muda dari Pebasket Dunia: Jaga Persahabatan

Selama kariernya, Hill berhasil memperoleh lebih dari USD 141 juta.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi jutawan di usia muda mungkin dambaan setiap orang. Namun untuk mewujudkannya, seseorang perlu berhati-hati. Terutama dalam lingkaran pertemanan.

Seorang pebasket Amerika Serikat yang bermain di klub NBA Grant Hill tahu persis bagaimana pro dan kontra untuk menjadi multi-jutawan berusia 21 tahun.

Dari pengalamannya yang berhasil meraup kekayaan hingga USD 2,75 juta pada 1994, Hill juga melewati tantangan tak terduga.

Melansir laman CNBC, Senin (5/12/2021), dari kekayaan tersebut dia ingin uang itu dapat bertahan hingga 20 tahun ke depan.

“Saya ingin memastikan bahwa saya memiliki uang itu 20 tahun kemudian,” kata Hill yang kini berusia 49 tahun.

Selama kariernya, Hill berhasil memperoleh lebih dari USD 141 juta. Itu terjadi saat dia belum pensiun pada tahun 2013.

Hill bercerita, sejak awal dia telah menjaga anggaran dan meluangkan waktu untuk benar-benar belajar tentang uang. Tujuannya adalah untuk tetap konservatif secara finansial dan tidak terpalut dalam perangkap kesuksesan.

Dalam perjalananya, dia merasa cukup berhasil meskipun terdapat beberapa kesalahan yang terjadi. Akan tetapi ketika Anda mampu menghasilkan banyak uang di usia muda, kata Hill, hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar cenderung dapat berubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saran Lainnya

Hill mengatakan, dia telah kehilangan beberapa sahabatanya. Terutama ketika dia telah bergabung ke dalam NBA.

Selain itu, ekspektasi seseorang terhadap Hill pun terlihat kian berubah begitu dia memiliki banyak uang.

Hal itu tentu membuatnya merasa bersalah. “Kadang-kadang, saya pikir atlet mungkin bergumul dengan rasa bersalah karena mereka berhasil, dan mungkin orang-orang di sekitar mereka tidak,” katanya.

Dari situlah Hill kemudian memberikan nasihatnya. Hampir dua dekade kemudian dia mengatakan, “Anda tidak bisa serta merta membawa semua orang ke tempat yang Anda tuju.”

Adanya permasalahan tersebut tak membuat semangat Hill padam. Hingga hari ini, Hill tetap dikenal sebagai pemain bola basket. Selain itu, bahkan dia juga menjadi penyiar olahraga dan termasuk salah satu pemilik Atlanta Hawks dan advokat kanker prostat melalui Start Strong.

Oleh karena itu, ketika berkesempatan berbicara kepada anak muda, dia memberikan nasihat kepada mereka untuk tetap menjaga persahabatan. Jangan lupa pula untuk menetapkan batasan sedini mungkin dan tetap cerdas dan waspada tentang uang yang dimiliki.

“Berhati-hatilah dengan lingkaran dalam Anda. Anda secara alami akan skeptis terhadap orang baru, tetapi orang-orang yang pernah ada dalam hidup Anda adalah orang-orang yang terkadang bisa menjadi rumit,” jelas Hill.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.