Sukses

Covid-19 Varian Omicron Bawa Harga Minyak Anjlok 3 Persen

Harga minyak anjlok lebih dari 3 persen pada hari Selasa

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak anjlok lebih dari 3 persen pada hari Selasa setelah CEO Moderna meragukan kemanjuran vaksin Covid-19 terhadap varian virus corona Omicron, menakuti pasar keuangan.

Kepala pembuat obat Moderna mengatakan kepada Financial Times bahwa vaksin Covid-19 tidak mungkin efektif melawan varian Omicron dari virus corona seperti halnya terhadap varian Delta.

DIkutip dari CNBC, Rabu (1/12/2021), harga minyak mentah berjangka Brent turun USD 2,87, atau 3,9 persen, menjadi USD 70,57 per barel setelah tergelincir ke level terendah intraday di USD 70,52, terendah sejak 1 September. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menetap 5,4 persen, atau USD 3,77, lebih rendah pada USD 66,18 per barel.

Komentar CEO Moderna itu hanya katalis untuk pasar yang sudah lemah, kata seorang pedagang minyak Singapura yang menolak disebutkan namanya karena kebijakan perusahaan.

Minyak anjlok sekitar 12 persen pada hari Jumat bersama dengan pasar lain di tengah kekhawatiran Omicron yang sangat bermutasi akan memicu penguncian baru dan menghambat pertumbuhan global, sehingga merugikan permintaan minyak.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Senin bahwa Omicron menimbulkan risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi, dan beberapa negara meningkatkan pembatasan perjalanan. Masih belum jelas seberapa parah varian baru itu dan apakah bisa melawan vaksin yang ada.

Dengan prospek permintaan di bawah awan, ekspektasi tumbuh bahwa Organisasi negara-negara Pengekspor Minyak, Rusia dan sekutu mereka, bersama-sama disebut OPEC+, akan menunda rencana untuk menambah pasokan 400.000 barel per hari (bph) pada Januari.

"Kami pikir grup akan condong ke arah jeda kenaikan produksi mengingat varian Omicron dan pelepasan stok minyak oleh konsumen minyak utama," kata analis komoditas Commonwealth Bank Vivek Dhar dalam sebuah catatan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan The Fed

Tekanan sudah tumbuh di dalam OPEC+, yang dijadwalkan bertemu pada 2 Desember, untuk mempertimbangkan kembali rencana pasokannya setelah rilis cadangan minyak mentah darurat minggu lalu oleh Amerika Serikat dan negara-negara konsumen minyak utama lainnya untuk mengatasi kenaikan harga.

"Menyusul rilis cadangan strategis global dan pengumuman lusinan negara yang membatasi perjalanan ke dan dari Afrika Selatan dan negara-negara tetangga, OPEC dan sekutunya dapat dengan mudah membenarkan penghentian produksi atau bahkan sedikit pengurangan produksi," kata analis OANDA Edward Moya di sebuah catatan.

Namun, analis Citi memperkirakan OPEC+ akan terus menambah lebih banyak barel pada Januari.

“Citi menghitung bahwa tambahan bulanan aktual OPEC+ rata-rata 262.000 b/d daripada 400.000 b/d, mengingat ketidakmampuan begitu banyak negara OPEC+ untuk berproduksi pada tingkat tolok ukur mereka karena mereka telah kehilangan kapasitas karena kurangnya investasi,” kata bank dalam sebuah catatan.

“Kesenjangan berarti bahwa menahan jumlah (kecil) itu sebagian besar tidak akan berarti dalam keseimbangan pasokan/permintaan global untuk minyak.”

Juga membebani pasar adalah prospek dimulainya kembali ekspor minyak dari Iran, menyusul komentar optimis dari para diplomat saat pembicaraan dilanjutkan pada hari Senin antara kekuatan dunia dan Iran tentang menghidupkan kembali pakta nuklir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.