Sukses

Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 12 sampai 22, Ditutup Besok 30 November 2021

Bagi penerima yang belum menggunakan saldo pelatihan, segera belikan berbagai pelatihan kartu prakerja yang telah tersedia.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja hingga saat ini sudah mencapai gelombang 22. Penerima kartu prakerja yang berhasil lolos diharapkan segera membeli pelatihan karena batas waktunya berakhir pada 30 November 2021.

Batas akhir pembelian pelatihan kartu prakerja pada 30 November 2021 bukan hanya berlaku untuk penerima gelombang 22, tetapi juga bagi penerima dari gelombang 12.

“Kamu penerima Kartu Prakerja gelombang 12 hingga 22 dari tahun 2021? Ayo, segera gunakan saldo pelatihan kamu sebelum tanggal 30 November ini!” demikian penjelasan dalam sebuah keterangan seperti dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Senin (29/11/2021).

Bagi penerima yang belum menggunakan saldo pelatihan, segera belikan berbagai pelatihan yang telah tersedia. Sebab, saldo tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi jika melebihi batas waktu seperti yang ditentukan.

“Saldo pelatihan tidak bisa digunakan lagi setelah tanggal 30 November 2021. Jangan sampai kecewa, segera beli pelatihanmu sekarang!” tulis salah satu keterangan dalam unggahan di akun Instagram @prakerja.go.id.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantas bagaimana cara membeli pelatihan prakerja?

Bagi yang masih bingung bagaimana cara membeli pelatihannya, simak langkah-langkah berikut ini.

1. Cek dashboard Prakerja untuk melihat 16 angka Nomor Kartu Prakerja dan memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

2. Selanjutnya bandingkan pelatihan di berbagai platform.

3. Kemudian pilih pelatihan sesuai kebutuhan.

4. Jika sudah menemukan pelatihan yang diinginkan, beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut.

Di samping itu, pastikan pula penerima Prakerja juga sebaiknya memilih pelatihan dengan hati-hati. Sebab, pelatihan untuk mengikuti program Kartu Prakerja hanya satu kali. Oleh karena itu, pilihlah pelatihan dengan bijak.

 

 

3 dari 3 halaman

Cara menukar kode voucher

1. Beli pelatihan di salah satu dari platform digital yang tersedia dan membayar dengan menggunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja.

2. Pastikan nomor handphone yang terdaftar di Kartu Prakerja aktif karena peserta akan menerima nomor OTP.

3. Salin Kode Voucher berbentuk gabungan acak huruf dan/atau angka untuk dipakai mengakses pelatihan yang dipilih.

4. Kemudian buat akun (sign-up) atau masuk (sign-in) ke halaman lembaga pelatihan yang dipilih.

5. Cari kelas yang telah dibeli atau dipilih

6. Masukkan Kode Voucher yang terdiri dari 16 angka kemudian mulai mengikuti pelatihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.