Sukses

GMR India Ikut Kelola Bandara Kualanamu, Keuangan AP II Bermasalah?

Perusahaan asal India GMR Airports terpilih sebagai mitra strategis pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan asal India, GMR Airports terpilih sebagai mitra strategis pengelolaan Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara.

Pengembangan dilakukan dengan skema kemitraan strategis berjangka waktu 25 tahun dengan nilai kerja sama sekitar USD6 miliar, termasuk investasi dari mitra strategis sedikitnya Rp15 triliun.

Pengamat BUMN, Herry Gunawan menilai, kerja sama tersebut tidak tepat dilakukan. Sebab jika alasannya supaya memiliki standar internasional, AP II lebih pengalaman dengan bandara internasional seperti Soekarno-Hatta.

"Ini yang jadi pertanyaan. Jangan-jangan AP II sedang mengalami masalah keuangan serius yang tidak terungkap," kata Herry kepada merdeka.com, Jumat (26/11).

Karena itu, menurutnya kerja sama itu menjadi tidak penting. Lain halnya kalau memang AP II punya masalah keuangan serius atau sudah tidak mampu mengemban amanat pemerintah di Kualanamu.

Seperti diketahui, dalam kerja sama itu sebanyak 49 persen akan jadi milik konsorsium India-Prancis. Sementara anak perusahaan AP II menguasai 51 persen.

Dengan komposisi tersebut sangat mungkin, walaupun tidak mayoritas, mereka akan kuasai kebijakan pengelolaan, termasuk pemanfaatan ruang di bandara. "Karena itu, privilege pemerintah di Bandara Kualanamu kemungkinan akan berakhir," pungkas dia.

Dalam mencari mitra strategis ini AP II menggelar tender secara profesional serta transparan yang diikuti berbagai perusahaan global. Setelah melewati rangkaian proses tender, ditetapkan GMR Airports Consortium sebagai pemenang tender. 

Penetapan pemenang tender ini juga melalui proses evaluasi oleh tim juri yang berasal dari pakar industri penerbangan, praktisi, akademisi, dan Angkasa Pura II, serta didampingi oleh notaris dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Daya Saing Bandara

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, bahwa kemitraan strategis antara AP II dan mitra global akan mempercepat pengembangan dan peningkatan daya saing Bandara Internasional Kualanamu di ASEAN, sejalan dengan tujuan Bandara Internasional Kualanamu menjadi hub internasional.

Kemitraan strategis antara AP II dan mitra global dapat memperkuat struktur permodalan serta memperkuat penerapan best practice global dalam pengelolaan dan pengembangan Bandara Internasional Kualanamu. Adapun aset yang ada saat ini, serta hasil pengembangan aset kedepannya atas kerjasama ini akan sepenuhnya dimiliki 100 persen oleh AP II.

“Keberhasilan dalam kerjasama ini menjadi signaling positif untuk iklim investasi indonesia khususnya pada sektor transportasi udara. Selain itu diharapkan dengan terlaksananya kerjasama ini, dapat membuka jalan bagi Foreign Direct Investment (FDI) lainnya masuk ke Indonesia” ujar Tiko sapaan akrabnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bandara Kualanamu adalah bandara udara pesawat terbang yang dibangun di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut).

    Bandara Kualanamu

  • PT Angkasa Pura II atau AP II adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan dan pengusahaan bandar udara di Indonesia.

    Angkasa Pura II

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Bandara

  • kualanamu