Sukses

Siap-siap Bayar Tol Tanpa Berhenti Berlaku pada 40 Ruas Tol Jawa Bali, Kapan?

Sistem transaksi bayar tol tanpa berhenti ini menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Liputan6.com, Jakarta Tak lama lagi terdapat fasilitas baru di jalan bebas hambatan di Indonesia. Kementerian PUPR melalui BPTJ berencana menerapkan layanan bayar tol tanpa berhenti di akhir 2022.

Sistem transaksi tol tanpa berhenti ini ditargetkan siap diterapkan pada akhir 2022 pada 40 ruas tol di Pulau Jawa dan Bali.

"@pupr_bpjt terus mendorong peningkatan kualitas layanan jalan tol, salah satunya melalui Sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh Berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF)," mengutip isi instagram kementerian pupr @kemenpupr, Rabu (24/11/2021).

Dikatakan jika sistem MLFF ini merupakan inovasi berupa sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menciptakan efisiensi, efektivitas, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi pembayaran jalan tol di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi Dipakai

Sistem transaksi ini menerapkan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Selanjutnya GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Dengan sistem ini, nantinya pengendara tidak perlu berhenti di gerbang tol sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.