Sukses

Kata Menko Luhut Sirkuit Mandalika Berstandar Ajang Balap Formula 1

Luhut mengingatkan jika keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB harus dijaga.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat sudah memenuhi standar balap Formula 1.

"Kalau kita lihat ini kualitas aspalnya sudah melebihi Formula 1. Tinggal kita perbaiki sana sini sedikit," kata dia melansir laman Antara di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (21/11/2021).

Kehadiran Luhut Binsar Pandjaitan hadir di Sirkuit Mandalika ditemani sejumlah menteri di antaranya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dan pengusaha nasional Aburizal Bakrie.

Namun, meski Sirkuit Mandalika sudah memenuhi syarat untuk ajang F1, dia tidak berani memastikan jika sirkut dengan panjang 4,3 kilometer dilengkapi 17 tikungan tersebut bisa menjadi tuan rumah digelarnya ajang jet darat paling bergengsi di dunia itu.

"Secara kualifikasi sudah memenuhi syarat untuk F1. Tetapi apakah bisa, kita lihat aja peluangnya bagaimana nanti. Kalau jadi Pak Gubernur NTB semakin hebat," tegas Luhut.

Menurut Luhut, terpenting saat ini keberadaan Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, NTB harus dijaga. Karena sirkuit ini dibangun untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

"Jadi semua terlibat dari atas sampai rakyat jelata. Jangan bilang pemerintah tidak perhatian. Pemerintah itu dari atas ke bawah sangat perhatian," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

WSBK 2021 Mandalika Bantu Pulihkan Ekonomi NTB

Terpilihnya Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumah World Superbike  atau WSBK 2021 dinilai dapat bantu memulihkan perekonomian di NTB, terutama ekonomi kreatif di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Terpilihnya NTB dengan sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah WSBK merupakan peluang emas bagi pengembangan, peningkatan kualitas dan kegiatan promosi produk-produk UMKM masyarakat NTB di pasar nasional bahkan dunia.

Luhut juga sangat mengapresiasi dengan hadirnya booth yang menjual produk UMKM mulai dari kain adat, perhiasan hingga makanan khas.

“Apalagi ini merupakan event internasional di mana penontonnya juga datang dari berbagai negara dan belanja produk UMKM yang dijual di sini. Tentu saja ini bisa menjadi momentum untuk memperkenalkan produk UMKM lokal ke mancanegara lewat penonton yang datang dari berbagai dunia," kata dia saat konferensi di Media Center Kemkominfo di Side Event Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).

Luhut beserta rombongan memanfaatkan kesempatan untuk berkeliling di arena bazaar produk UMKM lokal NTB.

Serta mengunjungi satu-persatu booth yang ada di area Sirkuit Mandalika tempat berlangsungnya seri terakhir balap motor internasional WSBK.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.