Sukses

Mengenal MotoEV, Motor Listrik Pindad yang Mejeng di Sirkuit Mandalika

Motor listrik MotoEV dipamerkan di lokasi balap WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta PT Pindad mengenalkan prototipe motor listrik terbarunya MotoEV di ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika. MotoEV rencananya akan diuji mengaspal di sirkuit selepas gelaran WSBK 2021.

Direktur Strategi Bisnis PT Pindad, Syaifuddin menyampaikan bahwa motor listrik ini akan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah.

“Pindad saat ini telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya yakni motor listrik yang diharapkan akan menjadi jawaban atas kebutuhan kendaraan listrik di masa depan sesuai dengan misi pemerintah untuk menghadirkan kendaraan listrik yang akan mensupport program pemerintah dari sisi efisiensi energi yang ramah lingkungan sehingga ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad,” ujar dia, Minggu (21/11/2021).

Syaifuddin menilai saat ini era kolaborasi diantara produsen kendaraan listrik dalam negeri. Sehingga mengurangi tingkat kompetisi antar produsen.

"Sudah saatnya kompetisi bergeser menjadi kolaborasi. Kalau kompetisi muncul biaya yang besar, sedangkan kolaborasi hasilnya efisiensi," lanjut Syaifuddin.

Pindad mencoba mengembangkan produk ini untuk multi-purpose sehingga bisa digunakan di segala medan secara maksimal baik di bidang pertahanan, industrial ataupun bidang-bidang lainnya yang membutuhkan mobilisasi yang cepat dengan efisiensi energi yang ramah lingkungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Pindad juga berencana mencoba produk ini mengaspal di sirkuit Pertamina Mandalika Street Circuit untuk melihat performansinya.

Seperti menguji tingkat kestabilan, ketahanan dan daya tahan dari motor listrik buatan Pindad setelah gelaran WSBK selesai dilaksanakan.

Motor ini dipamerkan di lokasi balap WSBK 2021 selama tiga hari gelaran ajang internasional tersebut sebelum diuji coba mengaspal.

Informasi, MotoEV merupakan motor listrik karya Pindad yang sengaja di desain dan diselesaikan untuk ditampilkan pada ajang lomba balap motor internasional, World Super Bike 2021 di Mandalika. Motor listrik ini ke depannya diharapkan menjadi produk yang akan dipasarkan baik di pasar lokal maupun pasar global.

Ini termasuk rencana jangka panjang Pindad untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global di tahun 2024.

Keunggulan utama produk motor listrik ini adalah murni buatan Pindad hasil dari inovasi dan pengembangan dari anak bangsa dan memiliki TKDN yang tinggi.

MotoEV adalah motor listrik dengan kekuatan 5 kW, menggunakan baterai lithium dengan waktu charging sekitar 3-4 jam, dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian baterai dan memiliki kecepatan maksimal hingga 120 km/jam.

Keunggulan ini disamping lebih efisien dan ramah lingkungan juga akan memberikan penghematan yang cukup besar dari sisi penggunaan bahan bakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.