Sukses

Keuntungan Reksa Dana yang Jadi Instrumen Terbaik Berinvestasi

Reksa dana bisa menjadi pilihan investasi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang canggih ini, investasi sudah menjadi gaya hidup yang perlu dilakukan. Pasalnya, berbagai instrumen investasi kini mudah dilakukan, salah satunya hanya bermodalkan smartphone. 

Dengan investasi dari sekarang, kita bisa mendapatkan perlindungan finansial untuk masa depan. Ada beberapa jenis investasi yang bisa dilakukan, mulai dari investasi properti, saham, sampai reksa dana. 

Bagi Anda yang ingin investasi jangka panjang, reksa dana bisa menjadi pilihan. Reksa Dana dirancang sebagai alat untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mau berinvestasi, tetapi hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Lantas, apa saja keuntungan investasi reksa dana? dilansir liputan6, berikut penjelasannya.

Dikelola dengan mudah

Banyak investasi yang rada ribet untuk mengelolanya, namun tidak bagi reksa dana. Pasalnya, dengan bantuan Manajer Investasi, Anda tidak perlu susah-susah mengamati dan menganalisa pasar saham yang cukup rumit. 

Pengelolaan investasi reksa dana kamu akan ditanggung sepenuhnya oleh Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari otoritas jasa keuangan tertinggi.

Aman

Dana investasi reksa dana yang disetor juga enggak dipegang langsung oleh perusahaan MI tapi dititipkan pada rekening bank khusus yang dikenal sebagai bank kustodian. Jadi, jangan takut dana kamu dibawa kabur pihak tak bertanggung jawab.

Minim risiko

Dalam prosesnya, reksa dana bisa diinvestasikan ke dalam lusinan bahkan ratusan saham dan/atau obligasi, yang disebut sebagai unit penyertaan. 

Anda bisa mengurangi risiko secara otomatis dengan enggak hanya bergantung pada satu investasi saja, seperti kalau Anda memilih untuk berinvestasi dalam saham-saham individual.

Transparan

Reksa dana dengan jelas memberikan informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Anda bisa memantau keuntungan, biaya, serta risiko setiap saat secara online. 

MI sebagai pengelola reksa dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

Likuiditas Tinggi

Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi, semakin perusahaan tersebut bisa dipercaya karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek juga baik. 

Dengan likuiditas yang tinggi, investor dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang dibuat masing-masing reksa dana.

Mudah dilakukan

Bagi Anda yang ingin mulai investasi reksa dana, kini bisa dilakukan secara online melalui Tokopedia. 

Investasi reksa dana jadi lebih mudah hanya dengan modal Rp 10 ribu. Dengan melakukan reksa dana online, Anda juga bisa dapat keuntungan lebih di Tokopedia. 

Mulai dari pencairan yang instan tanpa biaya admin, keuntungan hingga 5% per tahun, aman diawasi oleh OJK, jual beli kapanpun bisa dilakukan dan terpenting proses pendaftaran yang mudah. 

Di Tokopedia juga tersedia investasi reksa dana syariah. Jadi enggak perlu takut lagi untuk berinvestasi. 

Yuk mulai berinvestasi reksa dana di Tokopedia. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.