Sukses

Gandeng KasPro, KAI Luncurkan Metode Pembayaran KAIPay

PT KAI yang meluncurkan aplikasi KAIPay sebagai aplikasi pembayaran digital melengkapi KAI Access yang telah lebih sering digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Era pembayaran digital semakin meluas di tengah masyarakat, baik di sektor kuliner, pariwisata, hingga transportasi. Salah satunya PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI yang meluncurkan aplikasi KAIPay sebagai aplikasi pembayaran digital melengkapi KAI Access yang telah lebih sering digunakan.

Layanan pembayaran ini merupakan bentuk kolaborasi perusahaan dengan KasPro yang telah mendapatkan izin Bank Indonesia. Adanya KAIPay digadang membuat pembayaran jadi lebih praktis karena tak perlu berpindah aplikasi, cukup dari KAI Access.

Sementara itu, PT Pulau Pulau Media adalah mitra bisnis KAI sekaligus pihak yang berperan melakukan pengembangan aplikasi KAI Access termasuk KAIPay, penyediaan produk asuransi, Payment Point Online Banking, dan lainnya yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi digital pada KAI Access.

“KAIPay merupakan bagian dari transformasi digital yang saat ini tengah KAI gencarkan untuk mengakselerasi kemajuan perusahaan,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo saat meluncurkan KAIPay di Stasiun Gambir, Kamis (18/11/2021).

KAIPay akan jadi layanan uang elektronik yang disematkan pada aplikasi KAI Access milik KAI. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan transaksi karena tidak hanya dapat digunakan untuk membayar tiket kereta api. Tapi juga dapat digunakan untuk membayar layanan first mile dan last mile, dan berbagai produk dan jasa yang tersedia di aplikasi KAI Access.

Didiek memastikan pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Penggunaan

Lebih lanjut, Didiek menjelaskan cara untuk menggunakan layanan KAIPay pengguna perlu melakukan pembaruan pada aplikasi KAI Access yang dimiliki minimal ke versi aplikasi 4.7.4 pengembangan versi 104.

Pada halaman beranda, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp, apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

Terakhir, pelanggan diarahkan membuat PIN KAIPay untuk keamanan transaksi. KAIPay akan muncul menjadi salah satu opsi pada menu metode pembayaran yang dapat pelanggan gunakan untuk menyelesaikan transaksi.

Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer Virtual Account di beberapa Bank dan melalui minimarket, dengan biaya administrasi Rp0 selama masa promo berlangsung.

Didiek mengatakan, peluncuran KAIPay merupakan wujud inovasi KAI untuk meningkatkan layanan yang telah tersedia dalam aplikasi KAI Access. KAIPay akan terus dikembangkan kedepannya seperti dapat melakukan transfer antar sesama KAIPay hingga pembayaran di merchant yang mendukung QRIS.

“Hadirnya KAIPay diharapkan akan semakin meningkatkan animo masyarakat terutama milenial dalam menggunakan layanan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tutup Didiek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.