Sukses

Bangun Tol Serang-Panimbang, Jokowi Buka Pintu Investasi dan Wisata ke Tanjung Lesung

Jokowi baru saja meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong penyelesaian pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 km. Dengan terbangunnyatol Serang-Panimbang, Jokowi ingin menggaet investasi dan wisatawan dalam jumlah lebih besar ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung di ujung barat Kabupaten Pandeglang, Banten.

Jokowi baru saja meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km. Targetnya, seluruh ruas Tol Serang-Panimbang termasuk Seksi 2 dan 3 bisa rampung di akhir 2023.

Jika seluruhnya sudah tuntas, Jokowi percaya jalan tol tersebut bakal menarik minat investasi hingga pariwisata ke KEK Tanjung Lesung.

"Ini kalau tolnya menuju ke sana otomatis ada optimisme investasi untuk segera menyelesaikan Tanjung Lesung. Ini kan kalau jalannya enggak ada orang investasi ya mikir-mikir," ujarnya dalam acara peresmian Tol Serang-Panimbang Seksi 1 di Gerbang Tol Rangkasbitung, Banten, Selasa (16/11/2021).

Minat investasi dan wisata itu disebutnya otomatis bakal terbangun lantaran kehadiran Tol Serang-Patimban akan memangkas waktu tempuh dari Jakarta menuju Tanjung Lesung, maupun sebaliknya.

"Karena dari Jakarta ke Tanjung Lesung kalau sekarang berapa jam? Bisa 4-5 jam. Kalau nanti bisa tembus mungkin hanya 1,5 jam, maksimal 2 jam," ungkap Jokowi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Seksi

Sebagai informasi, Jalan Tol Serang-Panimbang dengan total panjang 83,67 km terbagi atas tiga seksi, yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung, dimana pengerjaannya sudah selesai 100 persen.

Kemudian Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan ruas Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles-Panimbang masih dalam tahap konstruksi.

Proses konstruksinya dikerjakan lewat skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang selaku anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan Seksi 3 porsi pemerintah.

Mengutip informasi Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), nilai investasi Tol Serang-Panimbang secara keseluruhan sebesar Rp 9,934 triliun. Salah

satu sumber dananya dihimpun PT Wijaya Karya Serang Panimbang dengan menandatangani perjanjian kredit sindikasi dan line fasilitas pembiayaan sindikasi senilai Rp 6 triliun bersama 11 bank.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.