Sukses

Dirjen Bea Cukai Beberkan Kronologi Unboxing Motor Ducati di Sirkuit Mandalika

Bea Cukai mengklaim pemeriksaan fisik boks kargo berisi motor pabrikan Ducati di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dilakukan sesuai prosedur

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani menyatakan, pemeriksaan fisik boks kargo berisi motor pabrikan Ducati di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah dilakukan sesuai prosedur jelang bergulirnya seri terakhir Kejuaraan Dunia World Super Bike (WSBK).

"Barang yang diimpor dilakukan pemeriksaan fisik barang oleh bea cukai, sesuai prosedur kepabeanan," ujar Askolani, dikutip Senin (15/11/2021).

Askolani mengatakan, pemeriksaan fisik dilakukan untuk memastikan jumlah dan jenis barang, serta memastikan pemeriksaan barang impor sudah sesuai SOP yang berlaku.

Adapun ketika tim Bea Cukai melakukan pemeriksaan fisik, boks kargo berisi motor Ducati tersebut dibuka oleh perwakilan panitia di Sirkuit Mandalika.

"Pembukaan barang dilakukan oleh perwakilan panitia yaitu pengurus barang impor atau Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK)," kata Askolani.

"Setelah selesai pemeriksaan fisik, panitia dan penyelenggara jadi yang bertanggung jawab untuk mengamankan dan menutup kembali boks," tegasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datang 2 Kloter

Mengutip informasi yang diberikan akun Instagram @beacukaimataram, dijelaskan bahwa logistik dengan total berat 100 ton untuk kebutuhan WSBK tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, NTB pada Senin (8/11/2021) pukul 23.00 WITA dan Selasa (9/11/2021) pukul 14.20 WITA.

Angkutan logistik tersebut datang menggunakan pesawat kargo Boeing 777 milik maskapai Qatar Airways dari Doha, Qatar.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kemudian memberikan fasilitas kepabeanan dengan Carnet untuk kemudahan layanan kepabenana dalam rangka impor keperluan event. Carnet meliputi ATA Carnet dan CPD Carnet.

ATA (Admission Temporaire) Carnet merupakan dokumen pabean internasional yang diterima sebagai pemberitahuan pabean dan juga berfungsi sebagai jaminan yang berlaku secara internasional, serta digunakan untuk barang-barang keperluan selain sarana pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai.

Penggunaan Carnet dalam impor barang keperluan balapan WSBK mendapat pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor. Diharapkan itu akan memperlancar arus barang dalam mensukseskan pemilihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata, khususnya Sport Tourism.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.